Nilai dan Perilaku para Pelaku Utama

 

Pendidikan Toleransi Ke-Indonesiaan
Nilai SM Semangatbelajar/rasa ingin tahu

Kegigihan(pantang menyerah, ulet)

Integritas(ketulusan, kejujuran)

Berpikiranterbuka

Kasih(empati, solidaritas)

Kerendahanhati

Kebanggaan

Berkeadilan

Kepemimpinan

  

Perilaku para pelaku utama yang diharapkan akan tampak selama dan setelah program pertukaran adalah
 
 

Pendidikan Toleransi Ke-Indonesiaan
ASM 1. ASM menunjukkan semangat belajar,keinginan melanjutkan sekolah, dan menjadi lebih sering bertanya

2. ASM pantang menyerah meraih cita-cita

3. ASM memahami pentingnya dan contohpenerapan integritas dalam kehidupan

1. ASM dapat bergaul dengan luwes denganteman dari latar belakang ras/agama, tanpa memiliki prasangka buruk

2. ASM dapatmempraktikkanbentuk kasih

3. ASM dapat melihat perbedaan tanpa merasasombong ataupun rendah diri

1. ASM dapat menyebutkan alasannya banggamenjadi anak Indonesia

2. ASM dapat berlaku adil denganrekan-rekannya

3. ASM dapat memimpin rekan-rekannyaberaktifitas

KSM 1. KSM memberikan teladan akademis danmemancing ASM untuk berpikir kritis

2. KSM mengajak ASM untuk gigih meraihcita-cita

3. KSM menjadi teladan integritas

1. KSM menunjukkan teladan keluwesan dankeluasan dalam pergaulan

2. KSM memberikan teladan bentuk kasih

3. KSM membantu ASM memahami bahwaperbedaan adalah keniscayaan

1. KSM menunjukkankebanggaanyasebagai anak Indonesia

2. KSM mendorong ASM untuk berbuat adil

3. KSM mendorong ASM untuk berani tampildan memimpin

FSM FSM
menjadi contoh nyata dampak positif pendidikan, sehingga ASM lebih gigihmeraih cita-cita
FSM
menjadi contoh nyata keluwesan dan keluasan pergaulan
FSM
memberikan contoh nyata bentuk-bentuk kepedulian pada Indonesia
K Asal Keluarga Asal memahami pentingnya menjaga agar anak-anak tetap bersekolah Keluarga Asal memiliki keluarga baru di daerah lain Keluarga Asal menjaga agar anak-anak tidak tidak melupakan dari akarnya, dan justru semakinmemiliki semangat untuk membangun daerah asalnya