Sabang Merauke

3 Destinasi Wisata Menarik di Palangkaraya


sabangmerauke.id – Palangkaraya adalah pusat pemerintahan Provinsi Kalimantan Tengah yang terletak di Pulau Kalimantan. Kawasan ini ternyata menyajikan pilihan destinasi wisata menarik yang beragam, memperkenalkan kekayaan budaya dan alamnya.

Hera Nugrahayu, Pj Wali Kota Palangkaraya, memberikan tiga rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke kota tersebut.

Hera memberikan rekomendasi untuk mengunjungi beberapa tempat wisata menarik, antara lain Kereng Bangkirai, Bos Nyaru Menteng, dan Batu Banama.

Di samping eksplorasi alam, pihak pemerintah kota juga tengah berupaya mengembangkan pariwisata pendidikan di Palangkaraya. Salah satu bentuknya adalah dengan menambah jumlah museum yang memiliki fokus pada sejarah Kota Palangkaraya.

Sebuah museum baru sedang dikembangkan di Palangkaraya untuk memberikan pengalaman pembelajaran tentang sejarah dan kearifan lokal kota ini kepada masyarakat dan pengunjung.

Destinasi Wisata Menarik yang Direkomendasikan di Palangkaraya

Berikut ini terdapat tiga pilihan destinasi wisata di Palangkaraya yang saat ini rekomendasikan oleh Pj Wali Kota.

1. Kecantikan Kereng Bangkirai

Sungai Kereng Bangkirai merupakan tujuan utama para wisatawan untuk menikmati susur sungai di rawa gambut Palangkaraya. Keunikan pemandangan alam di sepanjang sungai ini tetap terjaga, dengan air hitam yang begitu jernih.

Wisatawan menikmati pesona Wisata Air Hitam Kereng Bangkirai, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah.

Sumber gambar: Kompas Travel

Menurut Hera, di tempat itu pengunjung tidak hanya bisa menikmati wisata alam sungai, tetapi juga menemukan pusat penelitian dan wilayah gambut yang menjadi daya tariknya.

Lokasi tempat wisata Susur Sungai Kereng Bangkirai berada di Jalan Kereng Bangkarai, Sebangau, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Selain itu, tempat ini juga merupakan pintu masuk utama yang mengarah ke Taman Nasional Sebangau.

Baca juga: Ayo Ikuti Serunya Event Palangkaraya Berbasis Sungai!

Dengan begitu, pengunjung dapat menikmati keindahan alam di sekitar Sungai Kereng Bangkirai dan eksplorasi yang lebih luas ke dalam kawasan Taman Nasional Sebangau.

Kereng Bangkirai, destinasi wisata yang indah, dapat dicapai dalam waktu sekitar 30 menit dari Pusat Kota Palangkaraya.

Spot hunting foto berada di Wisata Susur Sungai Kereng Bangkirai sangat populer di kalangan penggemar fotografi. Selain itu, tempat ini juga menawarkan panggung pergelaran budaya dan berbagai wisata kuliner yang menarik.

2. Bos Nyaru Menteng: Pusat Rehabilitasi Orangutan

Terdapat tempat wisata yang unik dan mungkin belum banyak diketahui oleh orang banyak yaitu Penangkaran Orang Utan Bos Nyaru Menteng. Tempat ini dikelola oleh Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) yang sudah berdiri sejak tahun 1991.

Selain menikmati keindahan orang utan di alam bebas, kamu juga berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan orang utan yang tinggal di penangkaran Nyaru Menteng.

Pusat Rehabilitasi Orangutan Nyarumenteng di Jalan Tjilik Riwut Km 30, Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah.

Sumber gambar: Kompas Travel

Hera mengungkapkan bahwa untuk melepaskan orang utan ke habitat alaminya, perlu dilakukan pembelajaran terlebih dahulu agar mereka dapat bertahan hidup dengan baik. Bagaimana mereka memakan makanan, cara hidupnya, semuanya harus diajarkan sebelum melakukan pelepasan.

Menurut laporan dari Banjarmasin Tribunnews.com, pada bulan Mei 2021, terdapat sekitar 300 ekor orang utan yang tinggal di pusat rehabilitasi orang utan Nyaru Menteng.

Satwa-satwa ini merupakan hasil penyelamatan dari hutan-hutan yang terbakar, mereka tersesat karena habitat mereka yang rusak akibat kebakaran yang terjadi. Beberapa satwa bahkan sempat dipelihara oleh warga sebagai upaya untuk melindungi mereka dari ancaman manusia.

Kompleks Arboretum Nyaru Menteng, yang terletak di Jalan Tjilik Riwut Km 28, Tumbang Tahai, Bukit Batu, Kota Palangkaraya, adalah tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi.

3. Batu Banama

Salah satu bukit yang termasuk dalam kawasan cagar alam adalah Batu Banama yang memiliki ketinggian sekitar 190 mdpl.

Menikmati panorama yang memukau dan merasakan sensasi panjat tebing adalah pengalaman yang dapat menghipnotis pengunjung, seperti yang dilansir oleh Kalteng.tribunnews.com.

Anggota lembaga objek wisata Bukit Batu Banama, Wawan saat berada di Batu Payung, Bukit Batu Banama, Palangkaraya, Rabu (27/4/2022).

Sumber gambar: Kompas Travel

Hera menjelaskan bahwa Batu Banama adalah sejenis batu gunung yang telah menjadi tujuan wisata alam yang populer. Namun, batu tersebut juga memiliki nilai historis dan mistis yang menarik. Hal ini karena budaya dayak yang kental dengan wisata religi, adat istiadat, dan kearifan lokal, yang kami perkenalkan kepada pengunjung yang datang ke sana.

Dalam perjalanan menuju puncak, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan berjalan santai. Rute ini mencakup 600 anak tangga yang harus ditempuh sebelum Anda melanjutkan perjalanan menanjak di antara pepohonan yang menyegarkan.

Di depan terletak sebuah pendapa, pura tempat ibadah bagi umat Hindu, dan situs Kaharingan yang dianggap suci.

Batu Banama memiliki cerita unik yang turun temurun bagi masyarakat lokal Dayak Kalteng, di mana Batu Banama sendiri merupakan sebuah perahu yang memiliki makna penting.

Sumber: Kompas Travel