Cara bayar bpjs lewat atm bri atau Cara bayar bpjs lewat brimo dengan Cara membayar bpjs lewat atm bri 2021

Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI

Sebuah bangsa yang kuat tentunya memiliki masyarakat yang sehat secara jasmani maupun rohani. Pemerintah Indonesia menyadari bahwa fasilitas dan layanan kesehatan masih berat sebelah dan hanya berpihak pada yang kaya. Dari situlah tercetus gagasan untuk meluncurkan program asuransi kesehatan bersama, yaitu BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan merupakan asuransi dari pemerintah yang menggunakan asas gotong royong. Bagi anggota BPJS Kesehatan, maka diwajibkan untuk menyisihkan sedikit uang dari penghasilan bulanannya untuk membayar layanan asuransi ini. Iuran tersebut akan digunakan untuk membantu, atau bahkan, menggratiskan layanan kesehatan untuk semua lapisan masyarakat. Pembayaran BPJS Kesehatan sangatlah mudah. Untuk nasabah bank BRI misalnya, bisa menerapkan cara bayar BPJS lewat ATM BRI 2021 berikut ini.

  • Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI

Bank Rakyat Indonesia atau BRI merupakan bank BUMN dengan jumlah nasabah yang besar di Indonesia. Untuk melancarkan program BPJS Kesehatan yang dicanangkan pemerintah, BRI menawarkan layanan bayar BPJS lewat ATM BRI. Dengan layanan ini, diharapkan Anda dapat memperoleh kemudahan dalam membayar tagihan BPJS setiap bulan. Berikut adalah cara membayar BPJS lewat ATM BRI yang perlu untuk diketahui:

  1. Pergilah ke ATM BRI terdekat dari kota Anda
  2. Sesampainya di bilik ATM, masukkan kartu ATM ke dalam slot yang tersedia
  3. Masukkan nomor PIN ATM Anda. Pastikan kombinasi angka yang Anda input benar untuk menghindari resiko pemblokiran
  4. Selanjutnya, klik menu “Pembayaran”, dan “Lainnya”
  5. Dari menu yang tersedia, klik “BPJS”. Setelah itu, pilih menu “BPJS Kesehatan”
  6. Masukkan nomor akun virtual Anda untuk membayar tagihan BPJS. Untuk membayar BPJS Kesehatan, kombinasi nomor yang harus kamu masukkan adalah 88888-11
  7. Layar ATM akan menampilkan informasi detail mengenai nama beserta jumlah tagihan BPJS Kesehatan yang harus Anda bayarkan. Pastikan semua informasi yang tertera sudah benar
  8. Selanjutnya, masukkan nominal tagihan BPJS yang sesuai dengan kelas BPJS Kesehatan yang Anda pilih
  9. Klik “OK” dan tunggu hingga ATM selesai memproses permintaan Anda
  10. Pembayaran selesai. Ambil kartu ATM dan keluarlah dari blik ATM BRI. Jangan lupa untuk mengambil dan menyimpan struk pembayaran. Jangan sampai struk tersebut hilang. Karena, bisa jadi Anda membutuhkannya untuk bukti transaksi.
  • Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Layanan M-Banking BRI

Cara bayar BPJS di ATM BRI bisa jadi kurang ideal dilakukan, terutama bagi Anda yang memiliki jam terbang tinggi. Ada kalanya, Anda berhalangan pergi ke ATM akibat cuaca yang kurang bersahabat. Untungnya, BRI menawarkan alternatif cara bayar BPJS lewat brimo. BRIMo atau BRI Mobile merupakan aplikasi M – Banking yang menawarkan kemudahan bertransaksi cukup dari smartphone Anda saja. Tidak hanya aktivitas transfer antar bank maupun memantau saldo dari rekening, bayar BPJS lewat brimo pun sangatlah mudah untuk dilakukan. Untuk lebih jelasnya, simak cara bayar BPJS lewat mobile banking BRI berikut ini:

  1. Buka aplikasi BRIMo pada perangkat smartphone Anda. Bagi Anda yang belum memiliki aplikasi ini, bisa mengunduhnya secara gratis lewat Google Play Store atau App Store. Setelah proses download selesai, lakukan tindakan instalasi aplikasi tersebut
  2. Setelah aplikasi terinstall, buka aplikasi BRI Mobile tersebut dan lakukan login
  3. Pada landing page, pilih menu dengan logo Mobile Banking dari BRI
  4. Selanjutnya, pilih “Menu Pembayaran”
  5. Langkah berikutnya, klik menu BRI Virtual Account atau BRIVA. Input nomor BRIVA untuk BPJS Kesehatan dan masukkan nominal tagihan yang akan Anda bayarkan
  6. Perlu diperhatikan bahwa kode pembayaran BPJS yang Anda masukkan harus benar. Untuk pembayaran BPJS Kesehatan, nomor yang Anda masukkan adalah kode BPJS Kesehatan (88888) kemudian diikuti dengan nomor peserta BPJS Anda. Pastikan untuk membuang terlebih dulu 2 digit angka pertama dari nomor peserta tersebut. 
  7. Setelah itu, masukkan nomor PIN rekening Anda, dan klik “Kirim/Send”
  8. Jangan lupa untuk screenshot bukti pembayaran BPJS Kesehatan ini. Simpan di folder khusus untuk menghindari foto bukti transfer tersebut terhapus.

Demikianlah ulasan cara bayar BPJS lewat ATM BRI dan Mobile Banking. Pilihlah metode pembayaran manpun yang sesuai dengan kenyamanan Anda. Jangan lupa untuk selalu membayar iuran BPJS Kesehatan dengan tepat waktu untuk menghindari denda.