Cara menabung 10 juta dalam 3 bulan dengan Cara menabung 10 juta menggunakan celengan target 10 juta 2021

Cara menabung 10 juta dalam 3 bulan

Setiap Anda menerima gaji, tentu saja sebaiknya uang tersebut tidak dihabiskan begitu saja untuk membeli berbagai barang. Ada baiknya Anda menyisihkan sebagian uang untuk ditabung, baik sebagai dana darurat atau cadangan, maupun untuk memenuhi kebutuhan Anda di masa depan. Tentunya, setiap orang menginginkan tabungannya bertambah dari waktu ke waktu. Terlebih lagi, jika di tahun 2021 ini Anda memiliki rencana untuk dilaksanakan, seperti misalnya menikah atau menyekolahkan si kecil. Dengan trik yang benar, bukan tidak mungkin Anda bisa mengumpulkan 10 juta dalam waktu beberapa bulan. Ingin tahu bagaimana cara menabung 10 juta dalam 3 bulan? Berikut adalah ulasan tips menabung uang hingga 10 juta dengan mudah yang bisa Anda praktekkan. 

  • Membuat Target yang Jelas

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan target tabungan terlebih dahulu. Misalnya, Anda ingin nabung 10 juta setahun untuk keperluan menikah atau untuk berwisata backpacking bersama saudara atau sahabat. Maka, ada baiknya untuk membuat celengan target 10 juta. Salah satunya, bisa dengan membuat tabel tabungan 10 juta dengan nominal uang yang perlu Anda masukkan ke dalam tabungan tiap hari atau per bulan. Tabel tersebut bisa ditempelkan pada tabungan untuk membuat Anda semakin termotivasi. Atau, Anda juga bisa menempelkan foto pasangan, tempat wisata, atau universitas impian untuk membuat Anda merasa semakin termotivasi.

  • Menabung dengan Nominal Rp 10.000

Apabila menabung dalam jumlah besar sekaligus terasa berat, Anda bisa mencoba menabung dalam jumlah yang kecil asalkan rutin. Misalnya, jika Anda belanja dan mendapatkan pecahan uang Rp 10.000, Rp 5.000 berjumlah 2 lembar, atau 10 lembar Rp 1.000 bisa dimasukkan ke dalam celengan khusus. Teknik menabung ini pastinya akan terasa sangat mudah jika dibandingkan menabung uang dalam nominal Rp 50.000 atau Rp 10.000. Tentu saja, kuncinya adalah Anda harus tekun dalam melakukannya. Semakin banyak uang yang bisa ditabung, maka akan semakin dekat Anda dengan target yang sudah disusun. Anda juga bisa mengganti nominal Rp 10.000 tersebut dengan pecahan Rp 5.000 atau Rp 20.000, sesuai dengan keinginan.

  • Menyisakan Uang Saku

Cara menabung satu ini memang terkesan sangat ketinggalan zaman. Namun, bila dilakukan dengan tekun, maka bisa saja ini menjadi cara menabung 10 juta dalam 6 bulan. Cara ini bisa dilakukan bagi Anda yang masih berstatus siswa sekolah atau mahasiswa perantauan yang masih mendapatkan uang saku dari orangtua. Daripada digunakan untuk berfoya-foya, ada baiknya untuk menyisakan uang saku untuk ditabung. Anda bisa mencoba cara menabung konvensional menggunakan celengan fisik. Atau, bisa juga Anda menyisihkan uang tersebut ke dalam rekening yang terpisah dari rekening utama. Tidak perlu berambisi untuk menabung dengan angka yang besar. Anda bisa menabung dengan nominal Rp 5.000 atau Rp 2.000 saja perhari. 

  • Menabung dengan Uang Koin

Uang koin memang dianggap remeh bagi kebanyakan orang. Dibandingkan uang kertas, nilai dari uang koin memang tidak terlalu mahal. Namun, justru karena itu menabung dengan uang koin ini akan terasa sangat ringan dan menyenangkan. Anda tentunya sering mendengar pemberitaan bahwa ada beberapa orang yang menggunakan uang koin untuk membeli sepeda motor. Itu merupakan bukti bahwa uang koin apabila dikumpulkan sedikit demi sedikit maka bisa menjadi cara menabung 10 juta yang sangat efektif. Caranya, setiap uang koin yang Anda temukan di dompet atau yang berceceran di rumah bisa diambil untuk kemudian dimasukkan ke dalam celengan koin. Semakin sering celengan tersebut diisi, maka bisa menjadi cara menabung 10 juta dalam 3 bulan yang sangat efektif. 

  • Mengaktifkan Fitur “Potong Saldo” di Dalam Aplikasi M-Banking

Bagi Anda yang menggunakan fasilitas aplikasi M-Banking, bisa mencoba cara menabung 10 juta dalam 3 bulan berikut ini. Cara termudah adalah dengan mengaktifkan fitur “Potong Saldo” yang terdapat di dalam aplikasi M-Banking tersebut. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur sendiri jumlah nominal yang akan dipotong dari uang yang masuk ke dalam rekening tersebut. Saldo yang sudah dipotong akan masuk ke dalam rekening khusus tabungan. Sehingga, Anda tidak perlu repot-repot pergi ke ATM atau ke kantor bank untuk menabung uang.

Demikianlah sejumlah tips dan cara menabung 10 juta dalam 3 bulan. Tentunya, target 10 juta hanya bisa dilakukan apabila Anda melakukan aktivitas menabung secara tekun. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat.