Sabang Merauke

Ayo Ikuti Serunya Event Palangkaraya Berbasis Sungai!


sabangmerauke.id – Jika kamu sedang berlibur ke Palangkaraya, kota terbesar di Provinsi Kalimantan Tengah, ada banyak event menarik yang bisa kamu ikuti.

Menurut Pj Wali Kota Palangkaraya, Hera Nugrahayu, di kota ini terdapat berbagai macam event yang cukup beragam, dengan sebagian besar di antaranya menghadirkan unsur kearifan lokal dan mengusung konsep berbasis sungai.

“Hera mengungkapkan bahwa event-event yang diselenggarakan oleh kami tidak hanya mengandalkan kearifan lokal, tetapi juga diinspirasi oleh keberagaman budaya suku Dayak yang kaya di Palangkaraya. Salah satu contohnya adalah upacara adat yang seringkali menjadi perayaan akhir dan awal tahun.”

Dalam penjelasannya, dia mengungkapkan bahwa beberapa acara tersebut mempunyai keunikan yang tak tertandingi karena memiliki karakteristik yang berbeda dan khas dari tempat-tempat lain.

Menurutnya, selain acara-acara ulang tahun provinsi dan kota, selalu tersedia pula berbagai event lain yang berkaitan dengan sungai. Misalnya, terdapat lomba dayung dan lomba ketinting.

Hera menjelaskan bahwa event yang diadakan di Palangkaraya memanfaatkan wilayah yang kaya sungai dan luas. Dengan menggabungkan kearifan lokal, dua hal ini dapat menjadi daya tarik utama yang menarik wisatawan.

Event menarik di sungai di Kalimantan Tengah.

Lomba balap Katinting diselenggarakan oleh Karang Taruna Kalimantan Tengah, berlangsung pada 27-29 Oktober 2023.

Sumber gambar: Kompas Travel

Suatu kegiatan yang disebut oleh Hera dan baru saja dilaksanakan adalah Kejuaraan Ketinting Race 2023 pada pertengahan bulan Oktober 2023, dimulai dari hari Jumat (27/10/2023) hingga Minggu (29/10/2023).

Perlombaan Ketinting Race 2023 akan diselenggarakan di Sungai Kahayan, lokasinya berada di bawah Jembatan Kahayan. Tempat ini sering digunakan sebagai arena untuk berbagai jenis perlombaan, termasuk besei kambe dan perahu hias, sebagaimana dilansir oleh Media Center Kota Palangkaraya.

Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah sukses menggelar Kejuaraan di Kota Palangkaraya yang dihadiri dengan antusias oleh warga setempat.

Bukan hanya penduduk lokal saja yang ikut hadir, terlihat juga pengunjung dari luar Kota Palangkaraya tengah berdatangan untuk menyaksikan kompetisi yang seru ini.

Acara olahraga perahu bermotor tradisional, yang juga dikenal sebagai perahu ces, telah berhasil menarik kehadiran 148 peserta yang berasal dari berbagai daerah. Selain peserta dari Kalimantan Tengah, juga ada kehadiran peserta dari Kalimantan Barat, Sampit, Seruyan, Pulang Pisau, Barito Timur, Barito Selatan, dan Barito Utara.

Hera menjelaskan bahwa kegiatan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, sering kali menarik perhatian pengunjung dari luar provinsi, sehingga menjadi agenda yang cukup ramai. Karena lokasinya yang berada di tengah-tengah, sehingga lebih mudah dijangkau.

Sumber: Kompas Travel