Sabang Merauke

Dampak Buruk Penggunaan Earphone di Pesawat


sabangmerauke.id – Saat kamu menunggu giliran naik pesawat, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Berdasarkan pengalaman seorang awak kabin bernama CiCi, ia sering menyaksikan penumpang yang menggunakan earphone dengan volume tinggi atau menonton video melalui ponsel mereka.

Perilaku yang demikian bisa mengakibatkan dampak buruk seperti adanya cedera telinga, menimbulkan rasa kesal pada orang lain yang berpergian, serta menghambat proses keberangkatan pesawat.

“Dalam situlah masalah yang besar tampaknya muncul, seperti yang diungkapkan oleh CiCi, saat seseorang sibuk dengan ponsel atau musik, interaksi dengan orang-orang di sekitarnya menjadi terhambat.”

Beberapa kasus tentang dampak buruk penggunaan earphone di pesawat.

Dalam pernyataannya, dia menekankan pentingnya bagi pelaku perjalanan untuk tetap fokus dan waspada terhadap situasi di sekitar.

Dalam pandangannya, seringkali terjadi interaksi antara pelaku perjalanan yang saling berpapasan, entah itu dalam bentuk tas yang tidak sengaja menabrak pelaku perjalanan lain atau botol minum yang terjatuh dan mengenai kepala orang lain di sekitarnya.

“Menurutnya, insiden tak disengaja dapat berakibat pada cedera atau menimbulkan kemarahan bagi pengguna jalan lain.”

Ilustrasi kabin pesawat dengan kompartemen penyimpanan bagasi kabin.

Sumber gambar: Kompas

Selain itu, ketidaktahuan dan kurangnya konsentrasi dari pelaku perjalanan dapat mengakibatkan antrian yang tidak teratur karena mereka tidak menyadari bahwa sudah giliran mereka untuk meletakkan tas di kompartemen pesawat atau mencari tempat duduk.

CiCi menyarankan agar pelaku perjalanan melepaskan earphone atau meletakkan ponsel mereka sebelum naik pesawat. Menambahkannya, keadaan seperti ini dapat mempercepat proses keberangkatan dan meningkatkan kegembiraan di dalam kendaraan.

Tidak disarankan untuk menggunakan earphone saat awak kabin sedang menjelaskan instruksi keselamatan di dalam kabin. Para pelaku perjalanan dapat menggunakan earphone sesaat setelah instruksi keselamatan diberikan.

Itulah tadi seputar dampak buruk penggunaan earphone di pesawat. Selain berdampak pada diri kita pribadi, tapi juga mengganggu kenyamanan dan keamanan penumpang lain.

Sumber: Kompas