Sabang Merauke

Perbedaan antara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi


sabangmerauke.id – Isu perbedaan antara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi menjadi perbincangan hangat di media sosial belakangan ini. Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat masih ada sebagian masyarakat yang keliru dalam menganggap bahwa keduanya adalah negara yang serupa.

Uni Emirat Arab dan Arab Saudi merupakan dua negara yang berbeda meskipun keduanya memiliki pengaruh Arab di dalam budaya dan sejarah mereka.

Berada di Semenanjung Arab di Asia Barat Daya, negara-negara tersebut, termasuk Lebanon dan Uni Emirat Arab, menjadi bagian dari satu kawasan yang juga melibatkan Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, dan Yaman.

Apa Perbedaan antara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi?

Calon wisatawan dapat melihat perbedaan antara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi melalui rangkuman komparatif yang disajikan oleh Kompas.com berdasarkan informasi dari sumber terpercaya seperti Britannica dan World Data.

1. Bentuk pemerintahan negara.

Peta Arab Saudi.Ilustrasi perbedaan Uni Emirat Arab dan Arab Saudi

Sumber gambar: Kompas Travel

Uni Emirat Arab merupakan sebuah negara yang berbentuk monarki federal yang terdiri dari tujuh emirat atau bagian. Terdiri dari Abu Dhabi, Dubai, Ajman, Fujairah, Ras Al Khaimah, Sharjah, dan Umm Al Qaiwain. Informasi ini diambil dari sumber Britannica.

Uni Emirat Arab saat ini dipimpin oleh Mohammed bin Zayed Al Nahyan sebagai presiden negara. Dalam kontrasnya, sistem pemerintahan Arab Saudi adalah monarki absolut dengan kepemimpinan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Negara Arab Saudi dibagi menjadi 13 provinsi yang terdiri dari Bahah, Hududusy Syamaliyah, Jauf, Madinah, Qasim, Riyadh, Syarqiyah, Asir, Ha’il, Jizan, Mekkah, Najran, dan Tabuk.

2. Ibu kota.

Kota Abu Dhabi merupakan ibu kota dari Uni Emirat Arab, sementara itu Riyadh adalah ibu kota negara Arab Saudi.

3. Landmark.

Masjidil Haram di Mekkah

Sumber gambar: Kompas Travel

Bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa, yang berlokasi di Dubai, Uni Emirat Arab, merupakan landmark yang sangat ikonik untuk negara tersebut. Dengan ketinggian mencapai 828 meter, gedung pencakar langit ini menjadi puncak prestasi arsitektur modern.

Selain Burj Khalifa, Uni Emirat Arab menawarkan landmark terkenal lain yang patut dikunjungi seperti Masjid Agung Sheikh Zayed, Palm Island, Qasr Al Watan, Ferrari World Abu Dhabi, Louvre Abu Dhabi, Pantai Jumeirah, dan masih banyak lagi yang akan membuat perjalanan Anda tak terlupakan.

Secara khusus, Arab Saudi menjadi tujuan penting bagi umat Islam di seluruh dunia karena menjadi kiblat utama mereka di Masjidil Haram yang terdapat di Ka’bah. Selain itu, Arab Saudi juga menyimpan sejumlah tempat populer yang sering dikunjungi, seperti Masjid Nabawi, Masjid Quba, Jabal Rahmah, Jabal Uhud, Laut Merah, dan berbagai destinasi menarik lainnya.

Masjid Nabawi di Arab Saudi. Ilustrasi perbedaan Uni Emirat Arab dan Arab Saudi

Sumber gambar: Kompas Travel

4. Luas wilayah.

Wilayah Negara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi berbatasan satu sama lain, walaupun memiliki perbedaan yang mencolok dalam hal luas wilayah.

Dilansir oleh World Data, Uni Emirat Arab memiliki luas wilayah sekitar 83.600 kilometer persegi. Selain berbatasan dengan Arab Saudi, negara ini juga dikelilingi oleh Teluk Oman, Teluk Persia, dan Oman.

Dengan luas wilayah sekitar 2,15 juta kilometer persegi, Arab Saudi memiliki wilayah yang paling luas di Semenanjung Arab dan merupakan negara terbesar kelima di Asia.

5. Jumlah penduduk.

Warga Arab Saudi mengunjungi Panorama Mall di ibu kota Riyadh. Ilustrasi perbedaan Uni Emirat Arab dan Arab Saudi

Sumber gambar: Kompas Travel

Berdasarkan data dari World Data, populasi Uni Emirat Arab diperkirakan mencapai sekitar 9,44 juta individu. Namun, hanya sekitar 15 persen dari total populasi tersebut yang merupakan penduduk asli Uni Emirat Arab.

Mayoritas penduduk Uni Emirat Arab terdiri dari orang-orang yang berasal dari kawasan Asia lainnya dan bekerja di negara ini.

Sementara itu, populasi Arab Saudi mencapai 36,4 juta orang, dengan sekitar 90 persen di antaranya merupakan orang Arab asli.

Sumber: Kompas Travel