Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Pendapatan bulanan: Mulai dari 2, 5 juta/ bulan
Rate Bunga: Dari 3% / bulan
Usia: Berusia min 21 tahun
→ Apply untuk pinjaman
Kondisi: Ajukan sekarang juga untuk pinjaman di koperasi tanpa jaminan 2021

Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Pinjaman koperasi tanpa jaminan merupakan jalan keluar terbaik bagi Anda yang membutuhkan dana pinjaman darurat. Dengan mengajukan pinjaman uang tunai tanpa jaminan di koperasi, Anda bisa memperoleh bantuan dana untuk mendukung kegiatan operasional usaha mikro yang tengah dijalani. Fasilitas pinjaman ini terutama diperuntukkan bagi masyarakat Indonesia yang berada di kalangan menengah ke bawah atau yang tidak memiliki akses untuk melakukan pinjaman dana ke bank. Berikut adalah beberapa informasi yang wajib Anda ketahui untuk mendapatkan pinjaman koperasi tanpa jaminan 2021.

Tips Memilih Koperasi yang Tepat

Saat ini, Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam mengajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan. Di Indonesia sendiri banyak jenis koperasi yang menawarkan berbagai layanan keuangan untuk masyarakat. Anda dapat mengajukan berbagai macam pinjaman dengan cara yang mudah dan cepat. Namun, apabila Anda ingin mengajukan pinjaman tanpa jaminan, maka wajib lebih teliti dalam memilih jenis koperasi yang tepat. Simak informasi lebih lanjut berikut:

  • Pilih Jenis Koperasi yang Tepat

Perlu Anda ketahui, bahwa tidak semua koperasi menawarkan layanan pinjaman koperasi tanpa jaminan. Satu-satunya koperasi yang menghadirkan layanan tersebut adalah koperasi simpan pinjam. Anda bisa mencari tahu tentang ada tidaknya koperasi simpan pinjam terdekat tanpa jaminan yang menawarkan layanan pinjaman yang dicari. 

  • Pastikan Koperasi Simpan Pinjam Sudah Mengantongi Izin Beroperasi Resmi

Saat Anda mengajukan proposal pinjaman ke koperasi simpan pinjam tanpa jaminan, ada baiknya untuk lebih teliti. Anda perlu memastikan bahwa koperasi tersebut sudah terdaftar secara resmi di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia. Untuk mengeceknya pun tidak sulit. Anda dapat melihat daftar koperasi yang terdaftar di Indonesia lewat situs resmi Kementerian Kemenkop UKM yaitu: http://nik.depkop.go.id/ 

  • Koperasi Tersebut Juga Harus Mengantongi Izin dari OJK

Hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah, koperasi simpan pinjam tujuan Anda sudah harus terdaftar dan memiliki izin usaha dari lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK merupakan lembaga independen yang dibentuk secara khusus untuk mengaudit usaha pinjaman dana yang didirikan oleh badan koperasi maupun perusahaan fintech. 

 

Dengan adanya izin dari OJK, maka koperasi simpan pinjam yang jadi tujuan Anda sudah teruji kredibilitasnya. Anda juga bisa mencari tahu tentang legalitas koperasi tersebut dengan melakukan crosscheck ke kantor pemerintah setempat. Hal ini untuk menjamin Anda memperoleh pinjaman koperasi tanpa jaminan dari koperasi yang kredibel. 

  • Aplikasi yang Diluncurkan Koperasi Tersebut Harus Terdaftar di OJK

Ada kalanya, Anda ingin melakukan pengajuan pinjaman koperasi tanpa jaminan lewat aplikasi yang ditawarkan badan koperasi tersebut. Sebenarnya, hal tersebut termasuk sah-sah saja. Namun, pastikan bahwa aplikasi pinjaman yang dimiliki koperasi tersebut sudah terdaftar secara resmi di OJK. Ada baiknya Anda mewaspadai aplikasi-aplikasi pinjaman ilegal yang sudah ditegaskan di situs resmi OJK. 

Ketahui Syarat Mengajukan Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Setelah Anda menemukan koperasi simpan pinjam untuk mengajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan, hal lain yang harus diperhatikan adalah persyaratannya. Pastikan Anda sudah membaca, memahami, dan memenuhi syarat pinjam uang di koperasi tanpa jaminan berikut:

  • Anda harus berstatus sebagai anggota aktif dari koperasi simpan pinjam tersebut
  • Anda wajib mengisi formulir pengajuan pinjaman koperasi tanpa jaminan yang disediakan badan koperasi tersebut
  • Melampirkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) apabila Anda hendak meminjam dana di atas 50 juta rupiah
  • Melampirkan KTP suami – istri beserta dengan surat nikah bagi anggota koperasi yang sudah menikah
  • Anda juga wajib untuk melampirkan Kartu Keluarga, rekening listrik, buku pensiun (untuk calon peminjam dana yang berusia lanjut), dan slip gaji 

Cara Mengajukan Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Setelah semua persyaratan terpenuhi, berikut adalah cara pinjam uang di koperasi tanpa jaminan:

  1. Pergi ke koperasi simpan pinjam terdekat di kota Anda. Serahkan semua berkas persyaratan yang dibawa kepada petugas
  2. Jangan lupa untuk menyertakan formulir proposal pengajuan pinjaman koperasi tanpa jaminan yang sudah Anda isi 
  3. Apabila pengajuan yang Anda kirimkan diterima, maka dana akan langsung ditransfer lewat rekening maupun Anda yang harus datang langsung ke kantor koperasi untuk mengambilnya. 

Pinjaman koperasi tanpa jaminan memang memberikan banyak sekali kemudahan untuk Anda. Semoga dengan informasi di atas bisa membantu Anda dalam mendapatkan dana pinjaman yang dibutuhkan untuk memajukan usaha.

Cek juga

Pendapatan bulanan: Minimal pendapatan 3 juta/ bln
Rate Bunga: Suku bunga 3% per bulan
Usia: Min usia 21 tahun
→ Detail lebih
Kondisi: Dapatkan pinjaman cepat cair hanya di bank Mandiri sekarang juga 2021
Pendapatan bulanan: Penghasilan minimum 3 jt per bulan
Rate Bunga: Mulai dari 0.79% per bulan
Usia: Berusia min 21 tahun
→ Detail lebih
Kondisi: Dapatkan kartu kredti Cimb Niaga sekarang juga tanpa syarat dan langsung aktif 2021
Pendapatan bulanan: Penghasilan mn Rp 2.7 Juta
Rate Bunga: Bunga 2% per bulan
Usia: Berusia minimal 21 tahun
→ Detail lebih
Kondisi: Dapatkan kemudahan buka rekening BNI online sekarang juga 2021