Sabang Merauke

Survei IATA: Pelancong Cenderung Memilih Kebutuhan Praktis


sabangmerauke.id – Di dalam penelitiannya, Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) baru saja merilis hasil dari Survei Penumpang Global 2023.

Menurut survei yang melibatkan 8.000 orang dari 200 negara, kecepatan, kenyamanan, dan kemudahan proses, termasuk penggunaan teknologi biometrik, menjadi hal yang paling diutamakan oleh responden.

Nick Careen, Wakil Presiden Senior IATA untuk Operasi, Keselamatan dan Keamanan, mengungkapkan bahwa mereka menginginkan pengurangan waktu pemesanan tiket dan ingin segera menuju bandara.

Selain itu, mereka juga lebih tertarik untuk menggunakan teknologi biometrik guna menyelesaikan lebih banyak kebutuhan pra-keberangkatan di luar perkara bandara, seperti yang dikutip dari situs resmi IATA.

Layanan Pemesanan Lebih Cepat

Menurut survei terbaru, lebih dari separuh penumpang pesawat memilih kanal pembayaran tertentu karena mereka menganggapnya sangat praktis.

Pilihan pembayaran yang paling populer di antara tujuh jenis yang ada adalah menggunakan kartu debit atau kredit, dengan persentase mencapai 73%. Sedangkan di posisi kedua, digunakan oleh dompet digital dengan persentase sebesar 18%, kemudian diikuti oleh transfer bank dengan persentase yang sama, yaitu 18%.

Berbagai faktor dipertimbangkan ketika memilih bandara yang terdekat dengan rumah, termasuk jarak yang menjadi keuntungan utama bagi sebagian besar orang. Menurut survei yang dilakukan, 71 persen responden menyatakan preferensi mereka dalam memilih bandara yang dekat dengan rumah sebagai faktor penting dalam efisiensi waktu mereka.

Bukti bahwa tingkat kepraktisan merupakan prioritas utama juga terlihat melalui hasil survei mengenai fasilitas yang ada di bandara. Terdapat banyak penumpang yang saat ini berusaha untuk mengurangi waktu menunggu di beberapa titik.

Sebagai contoh, banyak orang saat ini lebih cenderung menggunakan teknologi biometrik dan menyukai proses yang dilakukan di luar bandara sehingga mereka hanya perlu datang saat tiba waktu keberangkatan.

Banyaknya sebanyak 74 persen penumpang cenderung memilih hanya membawa tas tangan saat bepergian, sehingga mereka tidak perlu menunggu lama di antrian bagasi untuk mengambil barang bawaan mereka.

Panduan Proses Visa Secara Lengkap dan Mudah

Banyak penumpang yang lebih condong kepada visa yang praktis dan bisa diajukan secara online, menghindari proses visa yang panjang.

Mereka semakin aktif dalam berbagi tips dan prosedur di imigrasi untuk mempercepat proses. Sebaliknya, banyak orang mencoba menghindari tempat-tempat dengan prosedur visa yang rumit.

Ada sekitar 36% pengunjung yang merasa enggan mengunjungi suatu destinasi wisata karena proses keimigrasiannya dianggap cukup rumit.

Salah satu alasan utama bagi 49 responden adalah karena proses visa yang rumit dan kompleks. Sementara itu, 19 persen menyebutkan alasan keuangan sebagai penyebabnya, sedangkan 8 persen lainnya menyebutkan alasan privasi sebagai faktor utama.

Ketika negara menghapus syarat visa, perekonomiannya cenderung bertumbuh karena jumlah wisatawan meningkat, seperti yang disampaikan oleh Careen.

Sumber: Kompas Travel