Sabang Merauke

Jelajahi Keindahan Wisata Dekat Bandara Kertajati


sabangmerauke.id – Bandara Kertajati di Jawa Barat, yang resmi beroperasi penuh pada 29 Oktober 2023, menawarkan kemudahan bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi sejumlah tempat wisata menarik di sekitar Kuningan.

Bandara Kertajati di Jawa Barat.

Sumber gambar: Kompas Travel

Setelah Bandara Kertajati beroperasi, semua penerbangan dengan pesawat jet baik domestik maupun internasional dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung akan dialihkan ke Bandara Kertajati.

Diharapkan, operasional Bandara Kertajati akan mendukung pertumbuhan pariwisata di sekitarnya, termasuk dalam mengeksplorasi potensi wisata di Kabupaten Kuningan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Majalengka.

Panduan Pariwisata sekitar Bandara Kertajati di Kuningan

Perjalanan dari Bandara Kertajati ke kawasan wisata Kuningan biasanya memakan waktu sekitar satu jam jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi.

1. Telaga Cicerem

Pengunjung berfoto di Telaga Biru Cicerem atau Situ Cicerem.

Sumber gambar: Kompas Travel

Fenomena Telaga Cicerem, atau yang populer disebut Telaga Biru, menjadi viral di berbagai platform media sosial karena pesona keindahannya yang menakjubkan. Air telaga ini begitu jernih dengan warna biru yang memikat, dipadukan dengan pemandangan pepohonan hijau yang menyejukkan, memberikan kesan alami yang begitu memikat hati.

Satu hal yang membuat Telaga Cicerem begitu menarik adalah keberadaan ikan-ikan berwarna cerah yang hidup di dalamnya. Air telaga yang sangat jernih memungkinkan kita melihat ikan-ikan yang warna-warninya mencolok bahkan dari permukaan.

Ayunan di atas Telaga Cicerem adalah destinasi foto yang sangat diminati di Kuningan. Di sini, para pengunjung dapat menikmati panorama air telaga yang jernih dan melihat ikan berwarna-warni berenang di dalamnya. Terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, lokasi ini hanya berjarak sekitar satu jam perjalanan dari Bandara Kertajati.

2. Telaga Remis

Telaga Remis, Kuningan, Jawa Barat

Sumber gambar: Kompas Travel

Selain Telaga Cicerem, wisata telaga yang populer di Kabupaten Kuningan adalah Telaga Remis. Terletak di lereng Gunung Ciremai, tepatnya di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Telaga Remis dapat dicapai dengan perjalanan selama sekitar satu jam dari Bandara Kertajati.

Dengan lokasinya yang strategis dan akses yang mudah, Telaga Remis menjadi salah satu tujuan favorit para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam yang menakjubkan dan udara segar di sekitar gunung.

Terdapat sebuah danau yang mencakup area seluas 3,35 hektare. Danau ini dikenal dengan nama Telaga Remis, yang diambil dari bahasa Sunda yang merujuk pada jenis kerang berwarna kuning yang dapat ditemukan di sekitar danau tersebut.

Telaga Remis dihiasi dengan pepohonan lebat yang menciptakan suasana alami dan sejuk yang sempurna untuk bersantai dan menyegarkan diri.

3. Telaga Nilem

Telaga Nilem merupakan tujuan wisata yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa dengan air yang begitu jernih seperti kaca. Wisatawan dapat dengan jelas melihat dasar telaga, menampilkan pemandangan yang memukau.

Informasi ini diambil dari website resmi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar. Dengan begitu, wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang menakjubkan di Telaga Nilem.

Telaga Nilem menawarkan kejernihan yang luar biasa, memungkinkan pengunjung untuk melihat ikan-ikan yang berenang di dalamnya dengan jelas. Tidak hanya itu, tempat ini juga menyediakan banyak sudut yang sempurna sebagai spot foto yang menarik.

Telaga di sekitar Desa Kadeula, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, semakin memukau dengan pemandangan asri yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun. Terletak sekitar satu jam perjalanan dari Bandara Kertajati, tempat ini menawarkan suasana yang menenangkan.

4. Wisata Cipaniis

Obyek wisata Cipaniis menawarkan keindahan air sungai yang segar dan dikelilingi perbukitan pepohonan pinus yang lebat. Wisata ini dapat dicapai hanya dalam satu jam perjalanan dari Bandara Kertajati, membuatnya menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan yang mencari ketenangan dan kedamaian alam.

Selain digunakan untuk pengairan, sungai ini juga merupakan destinasi wisata yang menawarkan berbagai kegiatan seru seperti berenang dan body rafting. Di tempat wisata ini juga terdapat area perkemahan seluas 2 hektar yang dapat menampung hingga 1.000 peserta.

5. Kebun Raya Kuningan

Kebun Raya Kuningan dengan lokasi yang amat luas, 156 hektar, sehingga masih terdapat banyak lahan kosong.

Sumber gambar: Kompas Travel

Kabupaten Kuningan di Indonesia menawarkan keindahan alam yang memukau, salah satunya adalah Kebun Raya Kuningan yang terletak di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

Saat melakukan perjalanan dari Bandara Kertajati ke Kebun Raya Kuningan, diperlukan sekitar satu jam. Salah satu daya tarik utama Kebun Raya Kuningan adalah keberadaannya yang berdekatan dengan Taman Nasional Gunung Ciremai, menciptakan pemandangan indah perbukitan yang menakjubkan.

Wisatawan yang mengunjungi Kebun Raya Kuningan akan terkesan dengan keindahan panorama alam yang dikelilingi oleh area sawah yang menambah pesona objek wisata tersebut. Selain menawarkan keasyikan melihat pemandangan yang menakjubkan, pengunjung juga berkesempatan merasakan udara sejuk yang khas pegunungan.

6. Batu Luhur

Batu Luhur adalah taman batu alami yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Terletak di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, destinasi wisata ini dapat dijangkau hanya dalam waktu satu jam perjalanan dari Bandara Kertajati.

Saat berwisata di kawasan ini, para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alami hamparan bebatuan yang tak terlupakan. Dengan memanjat puncak bukit Batu Luhur, wisatawan dapat menikmati panorama menakjubkan Kabupaten Kuningan dari ketinggian yang mengesankan.

Tempat wisata Batu Luhur merupakan destinasi yang ideal bagi pengunjung yang ingin berfoto di spot Instagramable. Tidak hanya itu, obyek wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, gazebo, toilet, warung makan, dan area parkir.

7. Bukit Seribu Bintang

Panorama malam hari di Bukit 1000 Bintang, Kuningan, salah satu wisata dekat Bandara Kertajati

Sumber gambar: Kompas Travel

Bukit 1000 Bintang adalah destinasi wisata yang sangat cocok untuk para petualang di alam bebas. Menurut laman resmi BIJB, tempat wisata ini terletak di ketinggian 1.000 mdpl.

Saat berada di puncak bukit, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah Kabupaten Kuningan dari ketinggian. Ketika malam tiba, para pengunjung yang berkemah di sini juga dapat menikmati pemandangan keindahan lampu kota yang berkelap-kelip serta gemerlap bintang di langit.

Di Bukit 1000 Bintang, para wisatawan berkesempatan untuk menikmati udara segar yang khas pegunungan. Tarif camping di sini pun sangat terjangkau, dimulai dari Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per orang.

8. Woodland

Sejumlah wisatawan mengunjungi objek wisata Woodland di Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Sabtu (1/7/2023). Mereka menikmati sensasi keseruan sorodotan pelangi, lowrope untuk anak-anak, hutan yang luas dan juga berenang.

Sumber gambar: Kompas Travel

Selain itu, di Woodland juga terdapat berbagai wahana menarik seperti flying fox, low rope, sepeda gantung, panah, berkuda, dan kolam renang. Harga tiket masuk ke Woodland adalah Rp 15.000 pada hari kerja dan Rp 20.000 pada akhir pekan, tanpa termasuk biaya tambahan untuk wahana berbayar.

Selain mencoba berbagai wahana yang ada, para pengunjung juga dapat menikmati pesta piknik di tengah hutan yang asri dan indah di Woodland. Woodland terletak di Jalan Ragasakti No. 130, Setianegara, Cilimus, Kuningan, yang dapat dicapai dengan berkendara selama sekitar satu jam dari Bandara Kertajati.

Sumber: Kompas Travel