Sabang Merauke

Penyebab dan Dampak Kebakaran Gunung Penanggungan


sabangmerauke.id – Gunung Penanggungan, Mojokerto, Jawa Timur, saat ini menghadapi masalah serius yang disebabkan oleh Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi sejak tanggal 2 November 2023.

Tim SAR Penanggungan dan warga setempat tengah berusaha melakukan pemadaman sejak kemarin siang untuk menghadapi situasi saat ini.

Menurut Huda, hingga siang ini, api karhutla yang masih signifikan terdeteksi di lereng timur Gunung Penanggungan.

Dampak kebakaran Gunung Penanggungan.

Lahan seluas sekitar 45 hektar di salah satu gunung populer untuk pendakian di Jawa Timur terbakar akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Akibat kebakaran yang terjadi, semua jalur pendakian perlu ditutup secara menyeluruh sampai batas waktu yang belum ditentukan. Selain itu, adanya insiden kebakaran mengakibatkan penutupan sementara segala aktivitas pendakian.

Pendakian ke Gunung Penanggungan masih belum dapat dipastikan dibuka mengingat waktu yang belum ditentukan, kata petugas Basecamp Pendakian Gunung Penanggungan/Bekel melalui Jolotundo, Sananil Huda dalam wawancara dengan Kompas.com pada Jumat (3/11/2023).

Pada saat ini, keempat jalur pendakian menuju puncak tertinggi yaitu melalui Jolotundo, Tamiajang, Kunjoro, dan Kesiman sudah tidak dapat digunakan.

Apa penyebab Gunung Penanggungan terbakar?

Penyebab kebakaran saat ini sedang diselidiki untuk mengetahui faktor-faktor yang memicu terjadinya kebakaran.

Ia menjelaskan bahwa walaupun saat ini memang sedang berlangsung musim kemarau yang panjang, bukan tidak mungkin ada faktor lain yang menjadi penyebabnya.

Puncak Gunung Penanggungan di Jawa Timur, Rabu (7/6/2023).

Sumber gambar: Kompas

Keterangan terkait, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gunung Penanggungan mendapatkan pemantauan sejak hari Kamis (2/11/2023) pukul 14.00 WIB dengan titik-titik api yang meluas hingga daerah Sidoarjo dan Kota Mojokerto.

Api di Gunung Semeru, Jawa Timur, yang mencapai ketinggian 1.653 mdpl, telah berhasil dipadamkan pada Jumat pagi, menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Gatot Subroto.

Gatot mengatakan bahwa meskipun kebakaran hutan di Gunung Penanggungan telah dipadamkan pagi ini, tim gabungan masih melakukan pencarian di lokasi tersebut untuk memastikan bahwa api sudah padam sepenuhnya.

Sumber: Kompas Travel