Sabang Merauke

Car Free Day Karanganyar 2 Lokasi, Satunya di Colomadu


sabangmerauke.id – Biasanya, suatu wilayah mengadakan hari tanpa kendaraan bermotor (car free day) atau CFD di pusat kota.

Namun, di Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, Car Free Day (CFD) diadakan di dua lokasi yang berbeda pada hari yang sama.

Event CFD Karanganyar diadakan di jalur utama Alun-alun Karanganyar serta Kecamatan Colomadu yang berada di sebelah barat Karanganyar. Kecamatan Colomadu terletak di Kabupaten Karanganyar yang merupakan kecamatan yang terpisah dari wilayah utama Kabupaten Karanganyar.

Daerah antara Colomadu dan wilayah Karanganyar terbagi oleh Kota Surakarta dan Kabupaten Boyolali. Car Free Day Colomadu ini diresmikan dan dibuka oleh Bupati Karanganyar Juliatmono pada Minggu (25/9/2022).

CFD Colomadu, Ajang Seru untuk Berbelanja dan Berwisata

Pada Minggu tanggal 5 November 2023, tim Kompas.com mengunjungi CFD Colomadu untuk menjelajahi setiap sudutnya.

CFD Colomadu dimulai dari simpang Hotel Alana, kemudian melanjutkan ke arah timur dengan jarak sekitar 3,4 kilometer hingga mencapai perempatan Polsek Colomadu yang terletak di sebelah barat De Tjolomadoe.

Sesuai dengan liputan dari Kompas.com, kami menjelajahi CFD Colomadu dengan mengikuti arah dari timur ke barat. Seperti kegiatan serupa di lokasi lain, CFD di sini juga melarang kendaraan untuk melintas.

Kebanyakan individu memilih untuk berjalan atau bersepeda, dengan beberapa juga memilih menggunakan jasa dokar.

Suasana Car Free Day Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (5/11/2023).

Sumber gambar: Kompas

Di sisi timur, suasana di sekitar Lor In Hotel terasa sepi namun semakin ramai ketika bergerak ke arah barat.

Letak pusat keramaian CFD Colomadu terletak di sebelah timur De Tjolomadoe, menawarkan banyak pedagang di pinggir jalan serta masyarakat yang sering berjalan-jalan atau berolahraga di sekitarnya. Dengan demikian, CFD Colomadu menjadi destinasi yang ramai dan menarik perhatian semua orang.

CFD Colomadu menawarkan suasana yang lebih tenang dan sepi dibandingkan dengan CFD Kota Solo. Selain itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan indah sawah yang menyegarkan mata di sepanjang jalan.

Suasana Car Free Day Colomadu di Depan Editorium UMS, Minggu (5/11/2023).

Sumber gambar: Kompas

Anda dapat mengabadikan momen di lokasi berkelas seperti di depan Edutorium KH Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta yang didesain mirip stadion, atau bahkan di halaman yang indah di De Tjolomadoe.

Seperti tempat lain, CFD Colomadu berakhir pada pukul 09.00 WIB, meskipun dimulai sedikit lebih siang pada pukul 06.00 WIB. Sementara itu, CFD Solo dimulai lebih awal pada pukul 05.00 WIB.

Sumber: Kompas Travel