Sabang Merauke

Egypt Air Beroperasi Kembali, Rute Mesir Jakarta Pulang Pergi


sabangmerauke.id – Setelah absen selama tujuh tahun sejak tahun 2016, Egypt Air beroperasi kembali menyediakan pelayanan penerbangan dari Kairo ke Jakarta, dan sebaliknya.

Penerbangan yang menyambungkan Bandara Internasional Kairo, Mesir, dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta, Tangerang, tersedia dengan jadwal keberangkatan dua kali seminggu.

“Saat ini, penerbangan kami mencapai kapasitas penuh dengan 270 penumpang. Menparekraf Sandiaga Uno berharap agar Egypt Air dapat terbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan penumpang,” ungkapnya saat acara Inauguration Flight Egypt Air di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, pada malam tanggal 31 Oktober 2023.

Diharapkan bahwa penerbangan langsung Egypt Air dari Kairo ke Jakarta akan memberikan dorongan positif bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Selain itu, akan meningkatkan mutu fasilitas dan pelayanan dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Selain wisatawan asing, perkembangan ini juga akan berdampak positif pada ekspor produk.

Sektor ekonomi kreatif, seperti rempah-rempah dan kopi, telah menjadi komoditas ekspor utama ke Mesir berdasarkan penjelasannya.

Wisatawan asal Mesir mengalami peningkatan signifikan.

Ilustrasi pesawat Egypt Air.

Sumber gambar: Kompas Travel

Berdasarkan informasi yang dimiliki, Mesir telah menjadi negara penghasil wisatawan internasional terbesar kedua bagi Indonesia di antara negara-negara Afrika, setelah Afrika Selatan, sebelum pandemi Covid-19.

Dilaporkan bahwa tahun 2019 menandai peningkatan kunjungan wisatawan dari Mesir, dengan jumlah mencapai 21.354 orang setelah Egypt Air beroperasi kembali.

Peningkatan signifikan terjadi pada tahun 2022 dengan jumlah wisatawan mancanegara Mesir mencapai 6.857 orang, naik 1.023 persen dari tahun sebelumnya. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa jumlah ini adalah hasil dari pertumbuhan pariwisata yang pesat di Mesir.

Pada tahun 2022, daftar negara yang mendapatkan Visa on Arrival (VoA) di Indonesia telah diperluas untuk mencakup Mesir, sebagai langkah upaya dalam meningkatkan pariwisata.

Sumber: Kompas Travel