Sabang Merauke

Menyaksikan Keindahan Sunset di Kuta Bali Saat Akhir Pekan


sabangmerauke.id – Sunset di Kuta, Bali terkenal dengan keindahan panorama matahari terbenamnya. Meskipun tidak seperti di Tanah Lot yang ditambah dengan siluet pura atau tidak bisa dilihat dari atas tebing seperti di Pura Uluwatu, pemandangan matahari terbenam di Kuta tetap menarik dengan pesonanya sendiri.

Pemandangan yang ramai terlihat sekitar pukul 17.00 Wita di Jalan Kartika Plaza, dengan banyaknya wisatawan yang berjalan kaki di trotoar. Suara musik yang berbeda-beda pun mengiringi mereka dari berbagai bar dan restoran di sepanjang jalan tersebut.

Berbagai pilihan tempat untuk menikmati keindahan sunset di Kuta bisa ditemukan dengan beragam jangkauan harga, mulai dari pantai-pantai hingga restoran-restoran. Nikmati pesona matahari terbenam di tempat yang sesuai dengan bujet Anda.

Untuk menikmati pemandangan matahari terbenam, pilihan terbaik jatuh pada Discovery Mall Bali yang letaknya cukup dekat dengan Pantai Kuta yaitu sekitar 750 meter. Keputusan ini dipertimbangkan dengan memperhatikan kepadatan lalu lintas dan waktu matahari terbenam di sekitar tersebut.

Setelah melewati beberapa anak tangga dan memasuki mal, hanya perlu melanjutkan berjalan lurus dan keluar melalui pintu belakang yang langsung mengarah ke pantai indah ini, tanpa dikenakan biaya tambahan. Jika dilihat dari peta, lokasi pantai ini terletak di antara Pantai Kuta dan Pantai Jerman, menambah keberagaman alternatif wisata pantai di daerah ini.

Banyak pengunjung memilih untuk duduk di anak tangga yang membawa langsung ke pantai, atau duduk di tepi trotoar yang juga menghadap langsung ke pantai.

Terlihat juga pengunjung yang perlahan turun ke bongkahan batu putih yang berdekatan dengan pasir putih luas. Mereka kemudian menyusuri tepi pantai dengan santai.

Pada saat itu, suasana masih tenang di sekitar saat matahari terbenam masih satu jam lagi. Pengunjung juga sibuk dengan berbagai kegiatan mereka seperti berolahraga, membeli minuman, mengambil foto-foto, dan bermain bola di pantai.

Langit senja yang memesona dengan warna Biru, Oranye, dan Merah Muda.

Salah satu spot menikmati sunset di Kuta, Bali, tepatnya di area belakang Discovery Mall Bali, Minggu (29/10/2023).

Sumber gambar: Kompas Travel

Banyak pengunjung mulai membanjiri daerah sekitar pantai sekitar pukul 17.40 Wita karena matahari terbenam dijadwalkan pada pukul 18.15 Wita.

Mayoritas pengunjung wisata cenderung membeli minuman atau camilan sebelum duduk di trotoar yang menghadap ke pantai. Selain itu, terdapat pula yang memilih untuk berdiri di pinggir trotoar sambil menanti kehadiran sunset.

Kedatangan para wisatawan dari berbagai belahan dunia maupun dalam negeri dihadapkan pada persaingan untuk mendapatkan tempat terbaik menikmati indahnya matahari terbenam di kawasan tersebut.

Dalam rangka mendapatkan foto sunset yang sempurna tanpa gangguan dari kios dan wisatawan lainnya, disarankan untuk bergerak sedikit ke depan atau turun ke bagian bawah batu-batu putih agar bisa langsung menuju tepi pantai. Dengan demikian, hasil foto sunset akan menjadi lebih memukau.

Pemandangan matahari terbenam atau sunset dilihat dari Discovery Mall Bali di Kuta, Bali, Minggu (29/10/2023).

Sumber gambar: Kompas Travel

Pukul 17.55 Wita, langit perlahan mengalami perubahan warna. Nuansa awal yang berwarna biru terus bertambah dengan sentuhan gradasi oranye dan merah muda.

Warna-warna itu bergabung sekitar pukul 18.05 Wita, saat matahari bulat sempurna bercahaya jingga yang sepertinya schung [perbatasan laut dan langit.

Ketika matahari mulai terbenam, daya tarik pemandangan sunset di tempat wisata membuat para pengunjung yang sebelumnya sibuk dengan kegiatan masing-masing tak bisa menahan diri. Mereka terpesona dan terpikat dengan keindahan panorama yang terbentang di hadapan mereka.

Seperti terhipnotis, sebagian besar dari mereka spontan berhenti dari kegiatan yang mereka lakukan dan mengeluarkan ponsel untuk mengabadikan momen indah tersebut.

Apabila ada pengunjung yang berjalan di trotoar, mereka tetap memegang ponsel untuk merekam pemandangan panorama matahari terbenam.

Macet setelah menikmati pemandangan sunset yang memukau.

Lokasinya seputar pukul 18.15 Wita, Anda akan dibuat puas menikmati sunset saat keluar dari mal. Meskipun saat itu masih terlihat indikasi waktu sunset, namun terdapat kepadatan lalu lintas di depan mal.

Kepadatan lalu lintas yang terutama terdiri dari mobil terjadi karena banyaknya pengunjung yang meninggalkan Pantai Kuta setelah menikmati pemandangan matahari terbenam.

Jadi, jika Anda ingin menikmati keindahan sunset di Kuta pada akhir pekan, penting untuk memperhatikan lama perjalanan pulang Anda, terutama jika Anda mengendarai mobil.

Kemacetan di wilayah tersebut sering kali menyebabkan lama perjalanan, terutama saat melewati daerah sekitar Pantai Kuta, yang bahkan bisa memakan waktu lebih dari satu jam.

Sumber: Kompas Travel