Sabang Merauke

5 Wisata Cirebon Jarak Dekat Bandara Kertajati


sabangmerauke.id – Mulai hari Minggu, 29 Oktober 2023, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati atau Bandara Kertajati di Majalengka telah resmi beroperasi penuh. Bagi para wisatawan yang menggunakan bandara ini, mereka juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Cirebon yang berdekatan dengan Bandara Kertajati.

Bandara Kertajati diharapkan dapat memperkuat pariwisata di sekitarnya, termasuk Kabupaten Cirebon yang berbatasan dengan Kabupaten Majalengka.

Sejak Bandara Kertajati beroperasi, semua rute penerbangan dengan menggunakan pesawat jet, baik domestik maupun internasional, telah dialihkan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung ke Bandara Kertajati.

Wisata Cirebon Berlokasi Dekat dengan Bandara Internasional Kertajati

Perjalanan dari Bandara Kertajati ke destinasi wisata di Cirebon memakan waktu sekitar satu jam jika menggunakan kendaraan pribadi.

1. Curug Cigetruk

Terletak di perbatasan Kabupaten Cirebon, Kuningan, dan Majalengka, Curug Cigetruk menjadi air terjun tertinggi di Cirebon yang memiliki ketinggian sekitar 27 meter.

Berlokasi di Desa Mandala, Kecamatan Dukupuntang, Cirebon, Curug Cigetruk dapat dengan mudah dijangkau hanya dalam waktu satu jam perjalanan dari Bandara Kertajati. Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan alami yang begitu segar dan memikat.

Harga tiket masuk kawasan wisata ini terjangkau, hanya sebesar Rp 5.000 saja. Selain itu, untuk pengunjung yang membawa kendaraan, tersedia fasilitas parkir dengan tarif sekitar Rp 2.000 – Rp 5.000. Dengan begitu, pengunjung dapat menikmati liburan seru tanpa khawatir merogoh kocek terlalu dalam.

2. Batu Lawang

Batu Lawang adalah salah satu destinasi wisata yang terkenal di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Terletak di Desa Cupang, Kecamatan Gempol, tempat ini dulunya merupakan tambang semen yang telah berhenti beroperasi.

Dengan jarak sekitar 50 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan dari Bandara Kertajati, Batu Lawang menawarkan panorama alam yang indah dan menarik bagi para pengunjung.

Wisata yang baru dibuka pada tahun 2016 ini adalah tebing bebatuan alam yang terbentang dengan aneka bentuk yang menakjubkan, bernama Lawang yang berasal dari Bahasa Sunda yang artinya pintu. Seperti yang dilansir oleh Antara.

Batu Lawang diberi nama demikian karena adanya suatu batu yang cukup besar dan tinggi yang menyerupai pintu masuk. Selain itu, terdapat juga bebatuan yang berbentuk melingkar seperti sarang burung, menumpuk, dan berbagai bentuk lainnya.

Baca juga: Jelajahi Keindahan Wisata Dekat Bandara Kertajati

3. Kampung Sabin

Kampung Sabin di Cirebon, obyek wisata yang menawarkan suasana Ubud, Bali

Sumber gambar: Kompas Travel

Kampung Sabin adalah destinasi wisata kuliner dan alam yang menawarkan pesona Ubud, Bali. Pengunjung akan disambut oleh gapura khas Bali saat memasuki kawasan persawahan ini.

Di Kampung Sabin, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah sambil menikmati berbagai hidangan, dengan tambahan dekorasi umbul-umbul putih dan payung kuning yang memberikan nuansa khas Ubud.

Jika Anda berniat untuk mengunjungi Kampung Sabin, lokasinya terletak di Kampung Sabin, Kawasan Kota Baru Keandra, Jalan Nyi Ageng Serang, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon. Untuk mencapai kampung ini, Anda hanya perlu mengemudi sekitar satu jam dari Bandara Kertajati.

4. Wisata Banyu Panas Gempol

Wisata Banyu Panas, sesuai dengan namanya, merupakan objek wisata yang menawarkan pengalaman seru berendam di pemandian air panas alami. Terletak di daerah Palimanan, Cirebon, tempat ini dapat diecapai dalam waktu sekitar 50 menit perjalanan dari Bandara Kertajati.

Kolam pemandian air panas di Banyu Panas Gempol selalu menjadi pilihan favorit wisatawan, terutama pada hari libur, karena juga dikenal sebagai terapi yang efektif untuk penyakit kulit.

Di samping area kolam air panas yang menjadi daya tarik utama, Banyu Panas Gempol juga menawarkan berbagai spot foto Instagramable, gazebo yang menarik, serta fasilitas publik seperti toilet, mushola, warung kuliner, dan area parkir.

5. Bukit Gronggong

Jika ingin menikmati pemandangan indah Cirebon dari ketinggian, kamu dapat mengunjungi Bukit Gronggong yang terletak di perbatasan Cirebon dan Kuningan. Dengan jarak sekitar 54 menit perjalanan dari Bandara Kertajati, kawasan dataran tinggi ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan.

Bukit Gronggong adalah tempat yang menawarkan pemandangan indah dan udara yang sejuk. Pada malam hari, pengunjung dapat menikmati keindahan kerlap-kerlip lampu Kota Cirebon.

ketenangan alam bukit tersebut. Berbagai restoran dan warung kaki lima yang terletak sepanjang jalan menuju puncak bukit dapat menjadi pilihan ideal untuk menikmati panorama alam yang memukau.

Sumber: Kompas Travel