Sabang Merauke

8 Fakta Unik Tentang Dubai: Rekor Dunia Terbanyak Disini


sabangmerauke.id – Dubai, yang terletak di Uni Emirat Arab, sudah lama menjadi tujuan utama wisata dan diakui sebagai salah satu kota paling mewah di dunia. Salah satu ikon terkenal dari Dubai adalah Burj Khalifa, sebuah bangunan pencakar langit yang menjulang tinggi dan menjadi yang tertinggi di dunia.

Menakjubkan dan mengesankan, Dubai menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan dengan keindahan arsitektur modern, restoran mewah, pusat perbelanjaan, dan kehidupan malam yang mempesona.

Tidak hanya itu, terdapat pula sejumlah fakta menarik Dubai yang beragam dan menarik perhatian.

Fakta Menarik Tentang Dubai

Dubai, kota yang tak kalah menakjubkan, menyimpan banyak fakta unik yang menarik. Mengutip dari sumber-sumber terpercaya seperti Amazing Dubai, Visit Dubai, dan National Geographic, inilah beberapa fakta unik tentang Dubai.

1. Dubai adalah sebuah wilayah dan bukan sebuah negara.

Beberapa orang masih salah kaprah dengan anggapan bahwa Dubai adalah sebuah negara di Timur Tengah. Namun, fakta sebenarnya adalah Dubai merupakan sebuah kota di Uni Emirat Arab.

Dubai adalah salah satu dari tujuh emirat yang membentuk Uni Emirat Arab, dikomplemen oleh Abu Dhabi, Ajman, Fujairah, Ras Al Khaimah, Sharjah, dan Umm Al Qaiwain.

Wilayah Dubai memiliki luas sekitar 35 kilometer persegi, menjadikannya emirat terluas kedua di Uni Emirat Arab setelah Abu Dhabi. Namun, populasi Dubai adalah yang terpadat di Uni Emirat Arab, dengan jumlah penduduk mencapai 3,3 juta jiwa.

2. Mayoritas warga merupakan orang-orang yang datang dari luar daerah.

Mayoritas penduduk Dubai adalah orang-orang yang berasal dari negara lain di luar Uni Emirat Arab, seperti India, Pakistan, Libanon, Filipina, serta Inggris, dan lain sebagainya. Sekitar 85 persen dari total populasi Dubai merupakan pendatang, sedangkan sisanya adalah penduduk asli Uni Emirat Arab.

Diketahui bahwa fakta menarik ini juga berlaku secara umum di Uni Emirat Arab, sebuah negara dengan sekitar 9,44 juta penduduk, seperti yang dilaporkan oleh World Data.

Walaupun begitu, hanya sekitar 15 persen dari penduduk Uni Emirat Arab adalah orang asli, sementara sisanya adalah pendatang yang datang untuk bekerja dan memilih untuk menetap di negara tersebut.

3. Banyak menciptakan bangunan tertinggi di dunia.

Gedung Burj Khalifa di Dubai.

Sumber gambar: Kompas Travel

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, tolak ukur kehebatannya Dubai terletak pada ikonnya, yaitu Burj Khalifa yang mempersembahkan pencapaian luar biasa sebagai bangunan tertinggi di bumi, mencapai ketinggian yang mengagumkan yakni 828 meter.

Burj Khalifa adalah struktur megah yang terdiri dari 163 lantai yang berperan sebagai pusat bisnis, tempat perbelanjaan, objek wisata menarik, restoran mewah, serta tempat tinggal yang eksklusif. Diberkahi dengan 57 lift, gedung yang dahulunya dikenal sebagai Burj Dubai ini menawarkan pengalaman tak terlupakan.

4. Mal terbesar kedua di seluruh dunia.

Tempat wisata bernama Dubai Aquarium & Underwater Zoo di dalam Dubai Mall di Dubai, Uni Emirat Arab.

Sumber gambar: Kompas Travel

Dubai dikenal sebagai destinasi surga belanja yang tak tertandingi. Salah satu daya tariknya adalah Dubai Mall, mal terbesar kedua di dunia yang menawarkan berbagai pengalaman belanja yang luar biasa.

Terletak di dekat landmark terkenal, Burj Khalifa, Dubai Mall adalah tempat yang harus dikunjungi bagi wisatawan yang mencari kesenangan belanja yang tak terbatas.

Menurut Visit Dubai, Dubai Mall merupakan pusat perbelanjaan yang memiliki luas sekitar satu juta meter persegi, setara dengan 200 lapangan sepak bola, dan dilengkapi dengan 1.200 gerai. Salah satu daya tariknya adalah adanya Dubai Aquarium & Underwater Zoo yang menawarkan akuarium rakasasa.

5. Memiliki taman bunga terluas di seluruh planet ini.

Ilustrasi Dubai - Dubai Miracle Garden.

Sumber gambar: Kompas Travel

Dubai, sebuah kota metropolis yang tak kenal putus-putusnya dalam memecahkan berbagai rekor dunia, juga membanggakan taman bunga terbesar di seluruh planet ini, yang tak lain adalah Dubai Miracle Garden.

Dubai Miracle Garden, dengan luas area seluas 72.000 meter persegi, menampilkan sebanyak 50 juta bunga serta 250 juta tanaman yang beraneka ragam. Di antara berbagai macam bunga dan tanaman yang ada, pemandangan yang menarik adalah pesawat Airbus A380 Emirates yang terbuat dari bunga dengan beragam warna yang indah.

6. Sistem metro terpanjang di dunia yang beroperasi secara otomatis.

Metro di Dubai, Uni Emirat Arab (13/1/2023).

Sumber gambar: Kompas Travel

Dubai memiliki sistem transportasi metro yang terpanjang di dunia dengan prinsip otomatisasi. Sistem metro Dubai tidak melibatkan pengemudi dan terdiri dari tiga jenis gerbong.

Metro Dubai akan menghubungkan penumpang ke segala sudut yang ada di Dubai, dengan meliputi gerbong kelas satu atau VIP, gerbong wanita, serta gerbong penumpang umum.

7. Gurun Dubai adalah salah satu gurun terpanas di bumi.

Dubai terletak di tengah-tengah gurun yang mempesona. Memiliki iklim gurun yang kering dan panas, suhu di Dubai dapat mencapai rekor suhu tertinggi di dunia.

Suhu siang hari mencapai hampir 49 derajat Celcius, tetapi mengalami perubahan drastis pada suhu malam hari.

Berwisata ke gurun di Dubai pada musim panas hampir tidak mungkin dilakukan. Namun, bagi Anda yang ingin menjajal aktivitas naik unta, dune bashing, dan sandboarding di gurun, waktu terbaik untuk berkunjung adalah antara bulan November hingga April.

8. Pulau buatan menjadi objek wisata menarik.

Salah satu objek menarik yang dapat ditemui di Dubai adalah Palm Island, sebuah pulau buatan yang terdiri dari tiga pulau dengan rancangan menyerupai pohon palem.

Palm Island adalah kawasan yang mencakup Palm Jumeirah, Jebel Ali, dan Deira, dan menjadi pusat hunian, perdagangan, perhotelan, serta bisnis di Dubai.

Itulah tadi beberapa fakta unik tentang Dubai. Dari segi penduduk, geografis, hingga bangunan-bangunannya.

Sumber: Kompas Travel