Sabang Merauke

Panduan Wisata Musim Gugur Jepang Terbaik


sabangmerauke.id – Jepang mengalami perubahan suasana pada akhir tahun karena daun-daun mulai memerah dan cuaca menjadi sejuk, tanda bahwa musim gugur akan segera tiba. Saat ini adalah waktu yang sempurna untuk mengeksplorasi keindahan Jepang.

Di wilayah Tohoku dan Kanto, terdapat berbagai pemandangan musim gugur yang memukau dan menenangkan mata.

Tohoku terkenal dengan keindahannya, di mana alam bebas tak terjamah dan situs sejarah yang kaya melengkapi pesona daerah ini. Sementara itu, Kanto menawarkan suasana kota modern yang memikat, dengan sentuhan pesona dari kepulauan subtropis yang memikat hati.

Periode puncak musim gugur di dua wilayah ini diprediksi akan terjadi pada akhir November hingga awal Desember 2023, dimana daun akan mengalami perubahan warna menjadi kuning, jingga, dan merah.

Ayo, mulailah petualanganmu mengeksplorasi Jepang saat musim gugur untuk menikmati keindahan dedaunan merah (momijigari). Pilihlah perjalananmu dari Prefektur Miyagi, Yamagata, Gunma, Tochigi, Ibaraki, dan akhiri di kota Tokyo. Dapatkan pengalaman seru dan indah di setiap destinasi dengan pesona alam yang memikat hati.

Malu berawal di Sendai: Nikmati malam di Naruko Onsen.

Prefektur Miyagi terletak di tengah wilayah Tohoku dan memiliki lokasi pesisir langsung menghadap Samudra Pasifik. Wilayah ini juga menjadi rumah bagi Sendai, kota terbesar di prefektur ini.

Kota Sendai adalah titik awal yang sempurna untuk merencanakan perjalanan momijigari di wilayah Tohoku. Kota ini merupakan basis yang ideal untuk mengeksplorasi wilayah tersebut.

JR Narita Express

Untuk mencapai Kota Sendai, Anda bisa menggunakan JR Narita Express dari Bandara Tokyo Narita ke Stasiun Tokyo, dan melanjutkan dengan Tohoku Shinkansen menuju Stasiun Sendai.

Ketika tiba di Stasiun Sendai, jangan lewatkan untuk mencoba gyutan, hidangan khas yang tak boleh dilewatkan. Kuliner yang mudah ditemukan di sekitar area stasiun ini memiliki tekstur renyah namun lembut, dengan rasa yang gurih. Nikmatilah gyutan ini bersama dengan nasi putih dan sup yang menyegarkan.

Setelah menikmati hidangan lezat, perjalanan bisa dilanjutkan ke sebuah kuil yang terkenal dengan pagoda bertingkat tiga yang terlihat cermin di kolam di dekatnya, yaitu Kuil Rinno-ji. Dari Stasiun Sendai, Anda dapat naik JR Senzan line ke Stasiun Kitayama. Setelah itu, Anda hanya perlu berjalan kaki selama sekitar 10 menit untuk sampai ke kuil ini.

Kuil Rinno-ji menyajikan pemandangan yang menenangkan dan dijamin memuaskan. Dengan suasana yang tepat untuk bersantai dan menikmati keindahan alam, Anda akan terpesona dengan keindahan pepohonan merah yang menghiasi taman tradisional.

Dikelilingi oleh hutan yang memukau, kuil ini merupakan tempat yang ideal bagi Anda yang ingin memanjakan mata dan menikmati pemandangan musim gugur yang memikat.

Naruko Gorge, destinasi musim gugur terbaik di Tohoku, dapat dicapai dengan naik Tohoku Shinkansen dari Stasiun Sendai ke arah Shin-Aomori, kemudian turun di Stasiun Furukawa.

Setelah tiba di Stasiun Naruko Onsen menggunakan kereta lokal JR Rikuu-East, perjalanan dapat dilanjutkan dengan taksi selama sekitar 10 menit atau menggunakan bus Koyo-Go yang hanya tersedia pada musim gugur. Untuk bus, turun di halte Naruko-kyo Nakayamadairaguchi.

Ketika tiba di Ngarai Naruko, jangan lewatkan kesempatan untuk mengcapture momen yang tak terlupakan saat JR Rikuu-East melintasi Jembatan Fukazawa di atas Ngarai Naruko. Momen ikonik ini menjadi daya tarik utama bagi para fotografer yang berkunjung ke Ngarai Naruko.

Pemandangan Naruko Gorge Guest House

Salah satu destinasi favorit lainnya di Ngarai Naruko adalah dek observasi yang berada di depan Naruko Gorge Guest House. Destinasi ini menawarkan pemandangan yang memukau. Terletak sekitar 2,2 km dari Jembatan Fukuzawa, Anda dapat menikmati suasana musim gugur sambil berjalan kaki.

Naruko Gorge Guest House juga merupakan tempat yang tepat untuk beristirahat, membeli makanan, atau bahkan mencari suvenir khas.

Begitu malam tiba, Stasiun Naruko Onsen menawarkan kesempatan untuk menginap di hotel dengan fasilitas pemandian air panas atau onsen di sekitarnya, sehingga Anda dapat bersantai dan bersiap-siap untuk petualangan mendatang.

Menikmati kedamaian di Yamagata: Menghadirkan ketenangan yang tak terlupakan.

Keesokan harinya, Anda dapat mengunjungi Yamagata untuk menjelajahi suasana tenangnya. Mulailah perjalanan dari Stasiun Naruko Onsen dengan naik kereta JR Rikuu-East ke Stasiun Shinjo, dilanjutkan dengan JR Rikuu-West menuju Stasiun Furukuchi untuk mencapai destinasi pertama, yaitu Sungai Mogami.

Sudah siap menjelajahi Sungai Mogami dengan perahu di musim gugur? Segera naik ke Mogami River Basho Line, perahu yang akan membawa Anda menikmati indahnya dedaunan merah yang terpantul di permukaan sungai.

Hanya dengan berjalan kaki sekitar delapan menit dari Stasiun Furukuchi, Anda sudah bisa sampai di dermaga Mogami River Basho Line untuk menaiki perahu tersebut. Tunggu apa lagi? Ayo jelajahi keindahan alamnya sekarang juga!

Mengarungi perairan, Anda akan disambut oleh serenade yang klasik dari nahkoda yang membawa Anda merasakan nostalgia.

Hidangan Ita Soba

Jangan lewatkan sensasi nikmatnya Ita Soba, hidangan mi tradisional khas Yamagata yang bisa dinikmati setelah puas berperahu di sekitar Sungai Mogami. Anda dapat menemukannya di berbagai restoran yang tersebar di sekitar area tersebut.

Untuk mencoba sensasi yang berbeda, Ita Soba menawarkan rasa autentik dengan helaian mie yang lebih besar dan penyajian sederhana di atas papan khusus. Dikaitkan dengan tradisi Jepang, soba ini dinikmati dengan cara dicelupkan ke dalam kuah kaldu yang menggugah selera, memberikan rasa gurih yang luar biasa.

Setelah menikmati keindahan Sungai Mogami, siapkan diri Anda untuk mengunjungi Ginzan Onsen, sebuah pemandian air panas yang memiliki nuansa retro yang unik. Anda dapat mencapai Ginzan Onsen dengan naik kereta JR Rikuu-West dari Stasiun Furukuchi ke Stasiun Shinjo, kemudian melanjutkan perjalanan dengan kereta JR Yamagata menuju Stasiun Oishida. Dari sana, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus Oishida-eki yang menuju ke Ginzan Onsen.

Ginzan onsen: Keajaiban wisata alami di Jepang.

Ginzan Onsen merupakan tujuan yang sempurna untuk menyegarkan diri dan menghilangkan kelelahan. Terletak jauh dari kebisingan kota besar, tempat ini menawarkan suasana tradisional dengan bangunan kayu dan dinding plester putih yang akan membantu Anda merasakan ketenangan.

Mengelilingi Ginzan Onsen dan mengenakan yukata dapat menjadi pengalaman yang menarik ketika Anda mengunjungi tempat ini. Nikmati sensasi unik yang ditawarkan tempat ini dan perkuat relaksasi Anda di Ginzan Onsen.

Setelah menikmati waktu santai, persiapkan diri Anda untuk petualangan selanjutnya yang menarik. Anda dapat merencanakan perjalanan malam dengan bus untuk ke Gunung Tanigawa yang menakjubkan.

Dalam perjalanan liburan Anda, Anda dapat memulai petualangan sore hari dari Ginzan Onsen menuju Obanazawa dengan menggunakan bus. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan naik bus Yamako menuju Sendai.

Ketika Anda tiba di Sendai, jangan lewatkan kesempatan untuk naik bus malam Nippon Chuo yang keberangkatannya pada pukul 23.00. Dengan bus malam ini, Anda akan tiba di Gunma, tepatnya di Stasiun Takasaki pada pukul 7.00 keesokan harinya.

Ini adalah pilihan yang nyaman dan efisien untuk menjelajahi Gunma setelah berlibur di Ginzan Onsen dan Sendai. Selamat berwisata!

Jika Anda berangkat dari Stasiun Takasaki, Anda dapat mencoba naik Joetsu Shinkansen menuju Stasiun Jomo-Kogen. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan bus atau taksi selama sekitar 20 menit ke pemberhentian kereta gantung Tanigawadake.

Meskipun perjalanan ini cukup jauh, pemandangan yang menanti Anda di Gunung Tanigawa benar-benar sepadan dengan usaha yang Anda lakukan.

Gunung Tanigawa

Saat musim gugur tiba, pemandangan indah dari dedaunan yang memerah dapat menjadi obat yang ampuh untuk menghilangkan kelelahan. Pemandangan yang tak terbatas dari pegunungan yang menjulang tinggi, lembah yang menghampar luas, dan lereng yang dihiasi dengan gradasi warna-warni dedaunan yang berubah bisa dinikmati dengan nyaman dari ketinggian kereta gantung.

Rasakan sensasi perjalanan yang tak terlupakan dengan kereta Watarase Keikoku yang ikonik saat musim gugur tiba. Berangkat dari Stasiun Kiryu, kereta ini akan membawa Anda menghubungkan Gunma dengan destinasi berikutnya, Nikko, di Prefektur Tochigi. Dalam waktu 80 menit, Anda dapat menikmati panorama indah musim gugur yang menghiasi luar jendela kereta.

Jika Anda ingin pergi ke Stasiun Kiryu, Anda dapat kembali ke Stasiun Jomo-Kogen dan naik Joetsu Shinkansen ke Stasiun Takasaki. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan kereta JR Ryomo menuju Stasiun Kiryu. Selain itu, ada juga opsi untuk menaiki Kereta Watarase Keikoku yang beroperasi dari Stasiun Kiryu menuju Stasiun Mato di Nikko, Tochigi.

Jika Anda berada di Nikko, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi puding yang sangat populer di sana. Untuk menjangkau outlet utamanya, Anda dapat naik bus dari Stasiun Mato menuju Stasiun Tobu Nikko di tempat pemberhentian kereta Watarase Keikoku. Dari Stasiun Tobu Nikko, cukup berjalan kaki sekitar lima menit untuk sampai ke outlet puding yang tak boleh Anda lewatkan ini.

Puding segar yang lembut dengan campuran putih telur dan krim segar telah dikenal sebagai sajian yang populer dan sering dijadikan oleh-oleh. Namun, untuk mencicipi puding segar baru yang menggabungkan kuning telur dan susu yang kental, Anda hanya dapat menikmatinya di outlet kami yang terdekat. Selain itu, puding segar ini unik dan tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Ketika malam mulai menjelang, saatnya untuk bersantai dan beristirahat. Jika Anda merencanakan perjalanan berikutnya dan mencari tempat menginap di sekitar Stasiun Tobu Nikko, Anda bisa memesannya sekarang juga untuk kenyamanan Anda. Dapatkan pengalaman perjalanan yang tak terlupakan dengan memilih penginapan yang tepat untuk Anda.

Berlibur di Nikko, Tochigi: Menyelami pesona wisata Zaman Edo.

Taman Hiburan Edo Wonderland Nikko Edomura

Anda tidak akan ingin melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Taman Hiburan Edo Wonderland Nikko Edomura yang menawarkan pengalaman perjalanan yang unik ke dalam zaman Edo yang mengagumkan.

Nikmati pengalaman bertualang di tengah kekayaan budaya Jepang sepanjang hari. Dalam suasana yang didesain menyerupai sebuah desa, Anda dapat menikmati hidangan lezat, ikut berbagai kegiatan seru, menonton pertunjukan menghibur, serta berinteraksi dan berfoto dengan penduduk lokal yang ramah.

Jangan lewatkan kunjungan ke toko penyewaan kimono, di mana Anda dapat berubah menjadi karakter Edo sesuai keinginan. Dapatkan pengalaman ini dengan SEO tinggi.

Anda dapat mencapai Edo Wonderland Nikko Edomura dengan mudah dengan naik bus Nikko Kotsu dari Stasiun Tobu Nikko.

Menikmati keindahan Taman Hitachi Seaside dengan penuh kenikmatan.

Tak boleh dilewatkan, rute selanjutnya akan mengantarkan Anda ke kebun bunga yang sangat indah, yaitu Hitachi Seaside Park. Di sini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan berbagai macam bunga yang sedang mekar. Destinasi estetik ini benar-benar patut untuk dikunjungi, terlebih bagi Anda yang ingin mencapai kenikmatan visual yang luar biasa.

Untuk sampai ke Hitachi Seaside Park, Anda dapat melakukan perjalanan dengan kereta dari Stasiun Tobu Nikko menuju Stasiun Tochigi menggunakan layanan Tobu Railway. Selanjutnya, naik kereta JR Ryomo ke Stasiun Oyama.

Setelah itu, pindah ke kereta JR Mito menuju Stasiun Katsuta. Dari Stasiun Katsuta, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan taksi selama sekitar delapan menit atau naik bus langsung menuju Hitachi Seaside Park.

Dengan cara ini, Anda dapat mencapai destinasi dengan mudah dan nyaman. Jadikan perjalanan Anda menuju Hitachi Seaside Park menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Hitachi Seaside Park

Keindahan bunga kochia merah menjadi pesona utama yang menarik di Hitachi Seaside Park saat musim gugur tiba. Tumbuhan unik berbentuk pom-pom ini sangat menggemaskan dan bisa dinikmati dengan sempurna di Bukit Miharashi.

Selain bunga kochia merah, berbagai macam bunga lain seperti cosmos dan mawar juga mekar indah saat musim gugur. Jangan lupa untuk mengabadikan momen spektakuler ini yang pastinya instagramable.

Anda dapat menikmati petualangan di Hitachi Seaside Park dengan bersepeda di taman tersebut, menikmati hembusan angin laut yang menyegarkan. Jangan khawatir, ada penyewaan sepeda tersedia untuk melengkapi pengalaman tak terlupakan Anda.

Jika Anda merasakan dahaga atau lapar, jangan ragu untuk mengunjungi salah satu restoran yang terletak di dalam taman. Glass House adalah satu di antaranya, sebuah kafe yang memiliki jendela kaca besar untuk menikmati pemandangan langsung ke lautan.

Setelah menikmati hari yang mengagumkan di Hitachi Seaside Park, sekaranglah saat yang tepat untuk melanjutkan perjalanan ke tujuan terakhir, yaitu Kota Tokyo. Kota yang memadukan dengan indah modernitas dan warisan budaya ini pasti akan membuat Anda takjub.

Anda akan disuguhi dengan pemandangan gedung-gedung pencakar langit yang menakjubkan yang berdampingan dengan taman-taman indah dan tempat-tempat bersejarah yang menawan.

Untuk pergi ke Tokyo, ada beberapa pilihan transportasi yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah menggunakan taksi atau bus untuk kembali ke Stasiun Katsuta. Dari sana, Anda dapat naik kereta JR Ueno-Tokyo (Joban Line) menuju Stasiun Tokyo.

Selain itu, ada juga pilihan alternatif yaitu menggunakan JR Hitachi & Tokiwa dengan waktu tempuh yang lebih singkat. Namun, penting untuk diingat bahwa Anda perlu melakukan reservasi terlebih dahulu untuk menggunakan layanan ini.

Terlepas dari pilihan transportasi yang dipilih, pastikan untuk mengatur perjalanan dengan baik dan menikmati pengalaman perjalanan Anda ke Tokyo.

Terdapat perbedaan yang cukup besar dalam harga keduanya, bahkan bisa mencapai dua kali lipat tergantung pada tempat duduk yang Anda pilih.

Setibanya di Tokyo, libatkan waktu untuk menyaksikan keindahan malam hari di Taman Rikugien. Anda bisa mencapainya dengan menggunakan JR Yamanote Line dari Stasiun Tokyo menuju Stasiun Komagome. Setelah itu, sambungkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 5-10 menit sampai Anda tiba di gerbang Taman Rikugien yang menakjubkan.

Di musim gugur, taman ini menghadirkan suasana magis yang indah di malam hari dengan menyelenggarakan pertunjukan lampu dan proyeksi digital.

Setelah mengeksplorasi Tokyo seharian, Anda dapat kembali ke Stasiun Tokyo dan mencari penginapan di sekitarnya. Tinggal di area ini akan mempermudah perjalanan Anda untuk menjelajahi lebih lanjut pesona Tokyo pada hari berikutnya.

Jelajahi keindahan Tokyo sekarang juga.

Saat fajar menyingsing, tak ada tempat yang lebih memikat di Tokyo selain persimpangan Shibuya yang ramai.

Untuk perjalanan dari Stasiun Tokyo ke Stasiun Shibuya, dianjurkan untuk naik JR Yamanote Line dan melanjutkan dengan berjalan kaki sekitar tiga menit. Saat tiba di sana, Anda akan dapat menikmati keindahan warna-warni musim gugur dari dek observasi Shibuya Sky yang terletak di sekitar persimpangan Shibuya.

Keindahan Gunung Fuji dari Tokyo

Dari atas, Anda akan memiliki pemandangan 360° dari Kota Tokyo yang spektakuler, bahkan jika cuaca cerah, Anda mungkin juga bisa melihat Gunung Fuji. Ini adalah pengalaman yang tak terlupakan yang tidak boleh Anda lewatkan saat mengunjungi Tokyo.

Melanjutkan petualangan kuliner di Pasar Ikan Tsukiji akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Di tempat ini, Anda dapat menemukan beragam gerai makanan lokal yang memiliki reputasi legendaris. Ada beberapa makanan khas yang wajib Anda coba, seperti kerang steam dan kerang panggang yang lezat.

Selain itu, terdapat juga sandwich tamagoyaki dan omelet yang gurih serta ichigo daifuku yang menakjubkan. Tak lupa, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati segelas matcha dingin atau panas yang memberikan sensasi menyegarkan.

Agar dapat mencapai Pasar Ikan Tsukiji dari Stasiun Shibuya, langkah pertama adalah naik kereta Metro Ginza Line menuju Stasiun Aoyama Itchome. Lalu, lanjutkan perjalanan dengan kereta Oedo Line ke Stasiun Tsukijishijo. Setelah tiba di stasiun tersebut, Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar tujuh menit untuk mencapai tujuan Anda, yaitu Pasar Ikan Tsukiji.

Jangan lewatkan kesempatan untuk berbelanja oleh-oleh khas Jepang di Asakusa ketika menutup perjalanan Anda. Di sana, Anda dapat menemukan berbagai kerajinan tangan lokal yang unik. Setelah mengunjungi Pasar Ikan Tsukiji, Anda dapat berjalan kaki selama sekitar 20 menit ke Stasiun Higashi-Ginza, dan naik Toei Subway Asakusa Line menuju Stasiun Asakusa. Dengan demikian, Anda dapat menikmati perjalanan ini tanpa melewatkan pengalaman berbelanja yang mengesankan.

Jangan lewatkan untuk mengunjungi dua destinasi belanja yang sangat direkomendasikan di Tokyo, yaitu Ekimise dan Nakamise Dori. Ekimise adalah sebuah kompleks perbelanjaan modern yang menawarkan berbagai jenis souvenir yang unik di lantai tujuhnya.

Sementara itu, Nakamise Dori menawarkan toko-toko oleh-oleh yang berjajar di sepanjang jalannya. Kedua tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berbelanja dan membawa pulang oleh-oleh khas Jepang.

Jika Anda berjalan sekitar empat menit dari Nakamise Dori, Anda akan menemukan Kuil Sensoji yang menawarkan pengalaman budaya Jepang yang menakjubkan.

Jangan lewatkan rencana perjalanan musim gugur di Tohoku dan Kanto. Temukan tujuan menarik lainnya di Jepang dengan mengikuti @jntoid di Instagram dan Facebook Page “Kunjungi Jepang dari Indonesia”. Dapatkan inspirasi destinasi terbaik sekaligus informasi terbaru!

Sumber: Kompas Travel