Sabang Merauke

Bus Wisata Jakarta: Rute Baru & Beroperasi Setiap Hari


sabangmerauke.id – Mulai Senin, 30 Oktober 2023, Bus Wisata Jakarta atau Bus Jakarta Explorer yang dioperasikan oleh PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan beroperasi gratis setiap hari.

Saat ini, di ibu kota terdapat 12 bus tingkat yang dioperasikan sebagai alat transportasi wisata. Bus tingkat ini dapat dinikmati oleh semua penduduk dengan gratis.

Menurut Deni Setiawan, Koordinator Layanan Khusus Bus Wisata Jakarta, pada hari Senin kemarin (30/10/2023), kami berhasil menjalankan operasional bus wisata tiap harinya. Totalnya, terdapat 12 unit bus yang melayani seluruh rute perjalanan.

Rute bus wisata Transjakarta kini tersedia setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 10.00 sampai 17.00 WIB. Menurut pernyataan resmi admin Instagram Transjakarta, waktu menunggu untuk rute bus wisata biasanya berkisar antara 40 hingga 45 menit, tergantung pada situasi lalu lintas yang dihadapi.

Anda dapat menikmati perjalanan dengan bus wisata tanpa biaya tambahan, dengan melakukan tap in/tap out menggunakan kartu di mesin yang tersedia di dalamnya.

Deni mengatakan bahwa agar dapat menggunakan layanan Bus Wisata, Anda dapat menggunakan beberapa jenis kartu seperti flazz, e-money, brizzi, tapcash, jakcard, dan kartu yang memiliki logo Jak Lingko dengan tarif Rp 0.

Rute Bus Wisata Terbaru di Jakarta

Berikut detail dari empat rute bus wisata (BW) yang saat ini beroperasi, seperti yang dikutip dari situs Peta Rute Bus Wisata Transjakarta.

  • BW1: Sejarah Jakarta (Juanda Istiqlal-Museum Bank Indonesia-Kali Besar Barat 1-Juanda Istiqlal)
  • BW4: Pencakar Langit (IRTI-Balai Kota 1-MH Thamrin 1-Wisma Nusantara-Tosari 1-Dukuh Atas 3-Karet Sudirman 1-Gelora Bung Karno 1-Bundaran Senayan 3-FX Sudirman-GBK Pintu 7-Tosari 2-Plaza Indonesia-MH Thamrin 2-Museum Nasional-Pecenongan 1-Pasar Baru Gedung Kesenian Jakarta-Monas 1-Monas 3-IRTI)
  • BW9: Kota Tua-PIK (Kali Besar 1-Buddha Tzu Chi-Gold Coast-Food Street-PIK 2 Pantjoran-Melody Golf-Pantai Maju-Melody Golf 2-Seberang Food Street-The Piano-Fresh Market PIK-PIK Avenue-Kali Besar 1)
  • BW10: Monas Explorer (IRTI-Gambir 2-Gambir 1-Juanda Iqtiqlal-Monas 1-Monas 2-Monas 3-IRTI)

Deni mengungkapkan bahwa biasanya rute BW4 yang digunakan untuk bus atap terbuka, namun saat ini ada rencana untuk merubahnya menjadi rute BW10. Namun, Deni menyampaikan bahwa masih harus menunggu informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Penumpang berkesempatan untuk naik bus wisata sesuai dengan titik pemberhentian atau rute pemberhentian yang telah ditentukan.

Tetapi, disarankan untuk memulai perjalanan dari halte pertama agar dapat mengalami perjalanan yang lengkap dan biasanya juga terdapat kursi yang lebih kosong.

Sumber: Kompas Travel