Sabang Merauke

Kesalahan Check In di Hotel, Bisa Mengancam Keselamatan


sabangmerauke.id – Ketika menginap di hotel dan hendak check-in di restoran untuk sarapan, lazimnya petugas hotel akan meminta nomor kamar tamu terlebih dahulu sebelum menyambut mereka untuk makan pagi.

Selain itu, umumnya staf di hotel juga akan menginformasikan nomor kamar kepada tamu setelah proses check-in, serta memberikan petunjuk arah menuju kamar.

Menurut Carolyn Pearson, CEO dan Pendiri Maiden Voyage, suatu praktek yang umum dilakukan oleh resepsionis hotel adalah mengumumkan nomor kamar tamu dengan suara yang cukup keras. Kemudian, setelah menyebutkan nomor kamar, staf hotel akan memberikan petunjuk kepada tamu mengenai arah yang harus mereka tempuh untuk menuju ke kamar mereka.

Dalam pandangan Pearson, hal ini mungkin jadi kesalahan check in di hotel dan bisa mengancam keamanan hotel dan tamu lainnya karena dapat mengungkapkan lokasi penginapan para pelaku perjalanan.

Ilustrasi resepsionis hotel.

Sumber gambar: Kompas Travel

Ada kekhawatiran bahwa orang-orang yang tidak bertanggung jawab dapat melakukan panggilan pribadi dari kamar mereka. Pearson mengatakan bahwa jika orang lain menyadari bahwa Anda berada sendirian di kamar, kemungkinan mereka akan mengetuk pintu dan berpura-pura sebagai petugas, karena mereka telah menguping nomor kamar Anda di area resepsionis.

Dalam situasi tersebut, berhati-hatilah dan jangan terlalu percaya pada orang asing yang muncul tiba-tiba di depan pintu kamar Anda. Tetaplah waspada dan pastikan untuk memverifikasi identitas mereka sebelum membuka pintu.

Jika mengalami situasi ini, disarankan kepada pelaku perjalanan untuk tidak mengungkapkan nomor kamar mereka di semua situasi dan lokasi. Ketika ingin menikmati sarapan, pengunjung dapat meminta staf hotel untuk mencatat nomor kamar.

Petugas hotel mengungkapkan pentingnya menyimpan nomor kamar dengan aman, baik dengan menunjukkannya di daftar atau menuliskannya. Mereka juga menyarankan untuk tidak menyebut nomor kamar dan menjelaskan alasan mengapa merahasiakannya kepada petugas hotel.

Itu tadi beberapa trik dan tips untuk menghindari kesalahan check in di hotel. Semoga liburanmu nyaman dan menyenangkan.

Sumber: Kompas Travel