Sabang Merauke

3 Fitur WhatsApp Business: Solusi Untuk Usaha Anda


sabangmerauke.id – Komunikasi melalui ponsel saat ini sudah menjadi kebiasaan umum, baik dalam bentuk telepon maupun pesan teks. Aplikasi percakapan yang sangat populer di Indonesia adalah WhatsApp, yang digunakan secara luas oleh masyarakat.

Percakapan melalui aplikasi ini tak hanya dipergunakan untuk percakapan pribadi, namun juga sering digunakan dalam konteks bisnis.

WhatsApp kini hadir dengan sebuah platform terpisah yang dikembangkan secara khusus untuk para pelaku usaha, dengan berbagai fitur yang mendukung dalam menjalankan bisnis.

Apabila Anda sebagai pemilik usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) masih menggunakan WhatsApp biasa, segera unduh dan buatlah akun bisnis menggunakan WhatsApp Business.

Pada WhatsApp Business Summit Indonesia yang digelar di Jakarta tanggal 1 November 2023, WhatsApp menghadirkan fitur-fitur baru yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi komunikasi antara bisnis dan pelanggan melalui platform ini.

Anda yang baru bergabung pun dapat mengakses dan menggunakan fitur-fitur WhatsApp Business tanpa dikenakan biaya tambahan.

Terdapat berbagai fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp Business agar pelaku usaha dapat berkomunikasi dengan pelanggan secara lebih baik dan meningkatkan pengalaman bisnis mereka.

1. Cepat dan praktis melihat katalog.

Dilansir dari laman resmi whatsapp.com, pengguna WhatsApp Business dapat berbagi informasi mengenai produk dan layanan kepada pelanggan melalui penambahan katalog. Dengan fitur ini, pengguna dapat memperluas jangkauan bisnis dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan secara efektif.

Manfaat katalog adalah memperlihatkan daftar barang yang dijual lengkap dengan deskripsi produknya. Anda berkesempatan untuk memasukkan foto dan informasi tambahan ke dalam katalog tersebut.

Jika Anda sudah membuat katalog, katalog tersebut akan terlihat di profil bisnis Anda, dan ini merupakan detail penting untuk membantu pelanggan mengenal produk yang ada di dalam katalog.

2. Mengiklankan di platform lain tanpa perlu membuat akun.

Mulai saat ini, pelaku bisnis kecil yang mengoperasikan bisnis mereka melalui WhatsApp bisa dengan mudah membuat, membeli, dan menampilkan iklan langsung dari Facebook atau Instagram di dalam aplikasi WhatsApp Business.

Tidak diperlukan akun Facebook, yang Anda perlukan hanyalah alamat email dan metode pembayaran. Dapatkan akses dengan mudah tanpa perlu menggunakan akun Facebook Anda.

Saat pengguna mengklik iklan, WhatsApp Business dapat membuka chat langsung di WhatsApp yang memungkinkan pengguna untuk bertanya, menjelajahi produk, dan melakukan pembelian. Inovasi ini merupakan fitur terbaru yang diperkenalkan oleh WhatsApp Business pada bulan Juni.

3. Mencapai lebih banyak pelanggan dengan efisien dan cepat.

Pelaku bisnis kecil kini dapat menggunakan fitur baru dalam aplikasi WhatsApp Business untuk mengirimkan pesan yang disesuaikan kepada pelanggan mereka.

Dibandingkan dengan cara tradisional, penggunaan chatbot dapat membantu mengingat janji temu, memberikan ucapan selamat ulang tahun, dan memberikan informasi tentang diskon musim liburan dengan lebih cepat dan efisien.

Fitur terbaru ini akan memungkinkan bisnis untuk mengirim pesan pribadi yang mencakup nama pelanggan dan tombol panggilan ke aksi, yang dapat disesuaikan untuk pelanggan dengan label khusus.

Fitur pesan personalisasi ini akan dikenakan biaya berdasarkan kategori percakapan di WhatsApp Business Anda. Tarif operasional akan disesuaikan agar tidak terjadi duplikasi dengan artikel lain dan meningkatkan SEO.

Menurut Pieter Lydian, Country Director Meta Indonesia, dengan adanya fitur-fitur baru ini, pengguna akan mendapatkan akses ke alat-alat yang sebelumnya hanya tersedia bagi bisnis besar. Fitur-fitur ini akan membantu pengguna dalam menjalin koneksi dengan pelanggan dan meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka.

Sumber: Kompas UMKM