Sabang Merauke

7 Kiat Usaha Celengan dari Botol Plastik dan Kaleng Bekas


sabangmerauke.id – Apabila diperhatikan di sekitar kita, dapat kita lihat bahwa banyak sampah yang dihasilkan dari penggunaan plastik dan kaleng bekas, terutama pada rumah tangga yang memiliki anak kecil.

Di dalam garis keturunan ini, kebanyakan anggota keluarga cenderung mengonsumsi susu formula dalam jumlah yang sangat besar, dengan banyak dari mereka memilih untuk membeli kemasan susu formula dalam kaleng.

Maka, kesempatan menjanjikan ini akan memungkinkanmu untuk mengembangkan usahamu. Dengan mengubah limbah kaleng bekas menjadi produk seni yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Modal yang dibutuhkan untuk membeli peralatan melukis dalam usaha ini sangat terjangkau, kurang dari Rp 500.000 saja. Kamu juga dapat menggunakan limbah bekas botol plastik dan kaleng untuk produk yang dihasilkan.

Selain itu, dengan memberikan sentuhan seni, kamu dapat mengubah botol plastik dan kaleng bekas menjadi celengan yang unik dan menarik.

Celengan ini memiliki berbagai fungsi selain sebagai produk untuk dijual. Salah satu kegunaannya adalah sebagai suvenir ulang tahun atau pernikahan yang bisa diubah menjadi lebih personal dengan menuliskan nama tamu undangan pada celengan.

Ingin usaha celengan dari botol plastik dan kaleng bekas untuk menghasilkan banyak uang?

Berikut adalah 7 Langkah Mudah untuk Sukses dalam Bisnis Celengan

1. Mengerti keinginan pelanggan dengan lebih baik.

Sebagai pencipta celengan kustom yang handal, penting bagi Anda untuk selalu terbuka terhadap keinginan pelanggan dan berusaha keras untuk memenuhinya.

Apabila Anda merasa permintaan dari konsumen terlalu kompleks dan sulit untuk dipenuhi, sebaiknya jujur dan terbuka daripada mengecewakan konsumen di masa depan.

2. Ikuti tren terkini untuk mendapatkan hasil terbaik.

Untuk mengikuti tren terbaru, Kamu dapat menyaksikan film-film terkini yang sedang populer sambil mencari inspirasi dari berbagai sumber seperti buku, internet, dan feedback dari calon konsumen.

Ada beberapa karakter unik dan lucu yang bisa kamu gunakan dari beberapa serial film untuk diaplikasikan pada celenganmu agar menarik minat konsumen.

3. Sesuaikan karya seni lukisan dengan preferensi pasar.

Sebagai seorang seniman, penting bagi kamu untuk dapat menyesuaikan lukisan yang ada pada celenganmu dengan preferensi pasar yang diincar. Misalnya, jika ditujukan untuk anak-anak, kamu dapat menciptakan lukisan dengan tema kartun yang menarik dan menggunakan warna dasar yang cerah dan mencolok agar dapat menarik minat mereka.

4. Prioritaskan keamanan konsumen.

Anda bisa melaksanakan satu langkah sederhana ini dengan membuang sisi tajam pada kaleng dan mencuci dengan sebaik-baiknya.

Maka dari itu, konsumen tidak perlu merasa khawatir akan keamanan ketika menggunakan celengan tersebut.

5. Buatlah kemasan yang menarik agar produk lebih menonjol.

Agar menarik perhatian dan meningkatkan daya tarik bagi konsumen, dapatlah mengemas celengan dengan rapi dalam kotak mika dan melengkapi dengan label yang informatif dan kontak yang mudah dihubungi.

6. Menawarkan harga kompetitif untuk menarik konsumen.

Menjaga kualitas produk yang kamu buat akan menjadi salah satu strategi yang efektif untuk bertahan dari persaingan yang ketat di pasar. Selain itu, memasang harga yang kompetitif juga menjadi langkah yang perlu kamu pertimbangkan. Dengan begitu, kamu dapat menjaga daya tarik konsumen serta meningkatkan peluang untuk memenangkan persaingan bisnis.

7. Lakukan pemasaran untuk produkmu.

Untuk memperluas pemahaman tentang produkmu, penting untuk memasarkan produk di berbagai platform seperti media sosial, Instagram, Whatssapp, Tiktok, dan Facebook, serta platform media sosial lainnya. Selain itu, gunakanlah eCommerce yang tersedia untuk meningkatkan penjualan Anda.

Itu tadi beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk memulai usaha celengan dari botol plastik dan kaleng bekas.

Sumber: Kompas UMKM