Sabang Merauke

Cara Mengajukan Bebas Visa Jepang secara Online dan Praktis


sabangmerauke.id – Warga negara Indonesia (WNI) yang memegang paspor elektronik sekarang dapat mengajukan bebas visa atau visa waiver untuk liburan ke Jepang.

Dengan demikian, pendaftaran sebelum keberangkatan dapat dilakukan secara online melalui internet, sebagaimana dilaporkan oleh Kompas.com dari situs resmi Kedutaan Besar Jepang.

Melalui pengumuman di laman resmi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, mereka menyatakan bahwa pengguna sistem inovatif ini tak perlu lagi pergi ke Kantor Perwakilan Jepang atau Visa Center (JVAC) dan akan merasakan kemudahan yang lebih saat melakukan pendaftaran.

Supaya tidak kebingungan, berikut langkah-langkah pengajuan dan penggunaan visa waiver saat mengunjungi Jepang.

Visa bebas ini berlaku untuk kunjungan durasi maksimal 15 hari dan dapat digunakan kembali selama dalam periode masa berlaku.

Bagaimana Cara Mengajukan Bebas Visa ke Jepang?

Untuk mengajukan registrasi pra-keberangkatan menggunakan JAVES, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pemohon membuat akun di situs web JAVES yaitu https://www.evisa.mofa.go.jp/personal/logintoko
  • Ikuti prosedur pengajuan registrasi pra-keberangkatan.
  • Setelah prosedur registrasi selesai, pemohon akan menerima e-mail berupa pemberitahuan registrasi selesai, yang menampilkan “Pemberitahuan Registrasi Pembebasan Visa (Visa Exemption Registration Notice)” di perangkat elektronik, seperti ponsel cerdas atau tablet milik pemohon.
  • Simpan nomor tanda terima pemberitahuan hingga Pemberitahuan Registrasi Pembebasan Visa diterbitkan.
  • Bebas visa akan terbit dalam beberapa hari.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan visa bebas saat bepergian ke luar negeri.

  • Untuk memudahkan, unggah file Visa Exemption Registration Notice dengan mengakses situs JAVES.
  • File berisi nama pemohon, tempat dan tanggal registrasi, durasi kunjungan makskmal, dan masa berlaku. Akan ada kode QR pada kiri halaman untuk nantinya diperiksa oleh petugas di bandara.
  • Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, seperti baterai ponsel habis atau file tidak bisa dibuka, ada baiknya mencetak file Visa Exemption Registration Notice secara fisik.
  • Serahkan file, baik digital maupun fisik, kepada petugas di konter check-in di bandara.
  • Jik menggunakan penerbangan transit, pastikan file mudah diakses kembali. Sebab, petugas di bandara transit akan kembali menanyakan dokumen visa yang kita miliki sebelum terbang.

Sumber: Kompas Travel